STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM

Vikri Jaya Anugrah, Ety Dwi Susanti

Abstract


Di era digital yang semakin berkembang, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ) diharuskan menjadi fleksibel dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing mereka dan meningkatkan penjualan mereka. Pemasaran digital adalah salah satu strategi yang terbukti efektif . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis strategi pemasaran digital yang dapat digunakan oleh UMKM untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah lanskap bisnis secara signifikan, dan ini termasuk UMKM. Digital marketing memberi UMKM banyak peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan reputasi merek, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Dalam abstrak ini , kami akan membahas berbagai strategi pemasaran digital yang berhasil digunakan oleh UMKM , serta masalah dan peluang yang dihadapi saat menerapkannya.

References


Pidu, Y. M., Gerungan, R. A., Anita, A. S., & Irawan, W. (2022). Media Sosial Untuk Menunjang Kegiatan Digital Marketing Umkm. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka (Vol. 2, pp. 345-356).https://conference.ut.ac.id/index.php/prosidingsenmaster/article/download/741/293/1527 Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85. http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/540 Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf PM, S. M., & Burhan, U. (2023, May). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 485-497). https://www.usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/download/156/129 Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100-110. https://jurnalbima.id/index.php/masarin/article/download/197/146/ Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., ... & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 123-136. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3270265&val=28687&title=Optimalisasi%20Penggunaan%20Digital%20Marketing%20Melalui%20Sosial%20Media%20dan%20E-Commerce%20pada%20Industri%20Kecil%20Menengah%20di%20Desa%20Kingkang%20Kabupaten%20Klaten. Mila, N., Alfauji, M., Wahyu, M., Aldianoor, M., Zaimah, Z., Sari, D. M., ... & Mahfudz, T. W. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Pemasaran Produk Lokal Umkm Madu Kelulut Asli Lembeng. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1102-1107. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/2902/2050/20918 Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital marketing sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM di era digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435-453. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/21760 Risdiana, A. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1), 9-19. https://media.neliti.com/media/publications/359507-analisis-strategi-digital-marketing-prod-27e5b6ae.pdf Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=digital+marketing+untuk+umkm&oq= - d=gs_qabs&t=1728268595683&u=%23p%3D7U8c3pabfZsJ Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98-102. https://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/article/download/109/92 Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ERA SOCIETY 5.0: SEBUAH LITERATURE REVIEW. JURNAL ILMIAH

EDUNOMIKA, 8(2). https://search.app/188av7mv6gy4SJu9A Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/2573/1281 Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212-224. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/iltizam/article/download/1452/739/5627 Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/35.pdf Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/download/175/128/ Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47. Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan penerapan strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609. Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka

Dianmas, 1(1), 12-20. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas/article/download/1496/733 Putri, A. A., & Nurhadi, N. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(4), 43-49. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi/article/download/736/581 Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/35.pdf Idris, Y. (2009). Sektor UMKM di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOSNOMOS, 2(1). https://repository.ung.ac.id/get/kms/9446/Jurnal-SEKTOR-UMKM-DI-INDONESIA-Profil-Masalah-Dan-Strategi-Pemberdayaan.pdf


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur