MEMBANGUN KINERJA GURU UKS MELALUI BUDAYA ORGANISASI DAN SIKAP SPIRITUAL DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK
Kinerja adalah capain yang dimiliki seseorang dalam pekerjaan untuk mewujudkan tujuan sebuah organisasi. Hasil evaluasi kegiatan UKS diperolah data rendahnya pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap pentingnya pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian untuk melihat peran budaya organisasi dan nilai spiritual yang dimiliki guru dalam peningkatan kinerja. Penelitian ini melibatkan guru sekolah sebagai objek penelitian. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran budaya organisasi memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kinerja guru pengelola UKS sehingga dapat mendukung peningkatan pembelajaran siswa dan potensi peserta didik semakin berkembang. Nilai spiritual yang dimiliki guru pengelola UKS juga memiliki pengaruh yang besar, dimana dengan keimanan dan ketaatan seseorang bisa memberikan sebuah perubahan dalam peningkatan kinerja guru.
Kata Kunci: kinerja guru UKS, budaya dan nilai spiritual
PERFORMANCE OPTIMIZATION OF TEACHERS MANAGING UKS PROGRAM IN IMPROVING SCHOOL ORGANIZATIONAL CULTURE AND SPIRITUAL VALUES OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS
Abstract Performance is the achievement that a person has in his work to realize the goals of an organization. From the results of the evaluation of UKS activities, data were obtained on the low understanding and knowledge of students about the importance of health education. The purpose of this research is to see the role of organizational culture and spiritual values of teachers in improving performance. This study involved school teachers as the object of research. This type of research uses descriptive quantitative. The results of this study indicate that the role of organizational culture has a major influence on improving the performance of UKS management teachers so that it can support the improvement of student learning and the potential of students is growing. The spiritual values of the UKS management teacher also have a great influence, where with faith and obedience one can make a change in improving teacher performance.
Keywords: UKS teacher performance, culture, and spiritual values
References
Ainanur, A., & Tirtayasa, S. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2234
Basuki, K. (2019). WELL-BEING di Dunia Kerja. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.ac.id
Colquitt, J. A., LePine, J. A., & Wesson, M. J. (2009). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace. -.
Gustav, C., Dell, W. S., & Baynes, C. F. (2020). The Spiritual Problem of Modern Man 1. In Jung (pp. 200–225). https://doi.org/10.4324/9781003059479-10
Heryanto, A., & Indonesia, D. I. (2014). Budaya populer di Indonesia; Mencairnya identitas pasca-Orde Baru. In Wacana - Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya (Vol. 14, Issue 2).
Jannah, M. (2021). Pengaruh Emotional Intelligence, Self Efficacy dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Pegawai PDAM Kota Mojokerto. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 191–212. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i1.2524
Maharani, I., & Efendi, S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Kompensasi, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Ilmu Manajemen, 13(1), 49–61.
Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7
Onsardi, O. (2019). Implementasi Manajemen Kinerja Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 1–30. https://doi.org/10.31219/osf.io/kzyfx
Saefudin, W., Bestari, D. K. P., Aisyah, M., & Mujib, M. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pembimbing Kemasyarakatan di Wilayah Kalimantan Barat. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v11i1.2516
Salfiyadi, T. (2017). Characteristics of Individuals and Workplace Conditions with Job Satisfaction Lecturer Health Polytechnic of Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1), 37. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v5i1.117
Struggles, R. and S. (2005). Religious and Spiritual Struggles.
Sufi, R. (1996). Sejarah Kotamadya Banda Aceh. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=GoqwCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=kejujuran+pedagang+minang&ots=c34qZ1xSwi&sig=qS01dqKAavgPxgHxZCCDOth2EX0
Urumsah, D., Wicaksono, A. P., & Hardinto, W. (2018). Pentingkah Nilai Religiusitas dan Budaya Organisasi untuk Mengurangi Kecurangan? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 156–172. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9010
Wiguna, A. (2017). Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif Di Sekolah. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 47–61. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.684
Yoiz Shofwa S, SP, M. S. (2013). Pengaruh Motivasi Spiritual Dan Kepemimpinan Spiritual Terhadap Kinerja Religius Dosen Dan Karyawan Stain Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 6(1), 19.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.