Sistem Pelaporan Pajak Dengan E-filing Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Dengan Prinsip Penerapan Technology Acceptance Model (TAM)

Verto Septiandika, Nurul Jannah Lailatul Fitria, Revanggi Ayu Tantri

Abstract


Abstrak

Pembayaran dan pelaporan pajak juga semakin dimodernisasi. Prinsip pelayanan publik memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi saat ini sebagai wujud inovasi sektor publik khususnya inovasi pelayanan pajak. Teknologi modern dinilai dapat memberikan kemudahan dalam kinerja pemerintahan baik bentuk kearsipan dan memberikan kemudahan pelayanan pada masyarakat. Pelayanan publik harus memiliki keterkaitan dengan seluruh sektor kehidupan masyarakat. Arah penyelenggaraan pelayanan publik terus dikembangkan dengan mengikuti perkembangan teknologi dan mengutamakan norma-norma standart pelayanan. Praktik pelayanan publik perlu memprioritaskan inovasi atau pembaharuan dengan memperhatikan norma-norma standart pelayanan agar meminimalisir praktik mal-administrasi. Termasuk pada penerapan sistem e-filling perlu mengutamakan norma standrt pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber kepustakaan menjadi data utama penelitian seperti jurnal ilmiah, buku, dan berita. Data diolah menggunakan teknik analisa yaitu : data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (pengambilan keputusan/penarikan kesimpulan).  Penggunaan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dilakukan karena sesuai dengan tujuan untuk menganalisis penerapan inovasi sektor publik dalam modernisasi perpajakan yang diwujudkan melalui E-Filing dengan prinsip Model Technology Acceptance Model (TAM). E-filing memberikan keunggulan berupa kemudahan masyarakat sebagai wajib pajak dan e-filing juga memberikan manfaat untuk masyaraka sebagai pengguna. Penilaian ini disesuaikan dengan prinsip dan indikator Technology Acceptance Model (TAM).

Kata kunci : E-filing, TAM, Inovasi Pelayanan Publik, Pajak

Abstract

Tax payments and reporting are also increasingly modernized. The principle of public service utilizes current technological and information developments as a form of public sector innovation, especially tax service innovation. Modern technology is considered to be able to provide convenience in government performance both in the form of archives and provide convenience in providing services to the community. Public services must have links with all sectors of community life. The direction of public service delivery continues to be developed by following technological developments and prioritizing service standard norms. Public service practices need to prioritize innovation or renewal by paying attention to service standard norms in order to minimize mal-administration practices. Including the implementation of the e-filling system, it is necessary to prioritize service standard norms. This study uses a descriptive type of research using a qualitative approach. Sources of literature are the main research data such as scientific journals, books, and news. The data is processed using analytical techniques, namely: data collection (data collection), data reduction (data reduction), data display (data presentation), and conclusion drawing/verification (decision making/drawing conclusions). The use of this type of descriptive research with a qualitative approach in this study was carried out because it was in accordance with the aim of analyzing the application of public sector innovation in tax modernization which was realized through E-Filing with the Principles of the Technology Acceptance Model (TAM). E-filing provides advantages in the form of convenience for the community as taxpayers and e-filing also provides benefits for the community as users. This assessment is adjusted to the principles and indicators of the Technology Acceptance Model (TAM).

Keyword : E-filing, TAM, Public Policy Innovation, Tax

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v12i1.2554


References


Abdurrohman, S., Domai, T., & Shobaruddin, M. (2017). Implementasi Program E-Filing Dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi(Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(5), 807–811.

Agustia, I. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Secara Elektronik (E-Billing) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan. JOM FISIP, 4(2), 1–15.

Alamri, F., & Widyatama, A. (2019). Technology Acceptance Model (Tam) Sebagai Solusi Atas Minat Penggunaan Layanan E –Registration Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 89–99.

Amrul, & Rusli. (2016). Analisis Penerapan E-Filling Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Timur. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani, 4(1), 74–80.

Andika, K. D., & Yasa, I. N. P. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan E-Filing. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(3), 267–275.

Avianto, G. D., Rahayu, S. M., & Kaniskha, B. (2016). Analisa Peranan E-Filing Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 9(1), 1–8.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (Tam) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 9(1), 1–13.

Kemenkeu RI. (2021). Laporan SPT : Mudah, Aman, dan Cepat. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.kemenkeu.go.id/page/penyampaian-spt-online/

Laihad, R. C. Y. (2013). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 44–51.

Lubis, H. Z. (2019). Effect of E-Filling System Implementation And Taxpayer Knowledge In Using E-Filling On Individual Taxpayer Compliance. Journal of International Conference Proceedings, 126(1), 1–7.

Menkominfo. (2020). Rencana Strategis 2020-2024 Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. https://kominfo.go.id/content/detail/35108/rencana-strategis-kementerian-kominfo-2020-2024-untuk-percepatan-transformasi-digital-nasional/0/pengumuman

Natalia, K., Ompusunggu, A. P., & Sarwono, J. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Filing Dan Dampaknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kpp Pratama Gambir Tiga (Survei Pada Kpp Pratama Gambir Tiga Periode April-Juli 2017). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 186. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.1922

Nugraha, R. S. A., & Pusposari, D. (2021). Faktor Penggunaan Layanan E-Filing SPT Tahunan 1770 SS Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Pada Karyawan Indomaret di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1), 1–40.

Nurlaela, L. (2017). Pengaruh Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Pratama Garut. Jurnal Wahana Akuntansi, 2(2), 1–8.

Ombudsman RI. (2021a). Ombudsman Umumkan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021. Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--ombudsman-umumkan-hasil-penilaian-kepatuhan-standar-pelayanan-publik-tahun-2021

Ombudsman RI. (2021b). Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021: Tujuh Daerah di Sultra Masuk Zona Merah. Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--penilaian-kepatuhan-standar-pelayanan-publik-tahun-2021-tujuh-daerah-di-sultra-masuk-zona-merah

Putri, L. D. M., & Mutiarin, D. (2018). Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya Pada Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA, 8(1), 1–16.

Ratnawati, J., & TAH, N. (2021). Perceived Effects Of Electronic Filing And Billing Systems For Lecturers As Researchers. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10(2), 147–160.

Septiandika, V. (2019). Kebijakan Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Daerah (Studi Implementasi Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan di Wilayah Kecamatan Kademangan K. PUBLICIO (Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan Dan Sosial), 1(1), 1–9.

Soekirman, A., Rachmany, H., & Happy, V. V. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Electronic Filing Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Kepada Kpppratama Tanggerang Barat Tahun 2013, 2014, Dan 2015. Jurnal Reformasi Administrasi, 5(1), 174–184.

Sugiyono. (2013). Medode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suherman, M., Almunawwaroh, M., & Marliana, R. (2015). Pengaruh Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Tasikmalaya. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 15(1), 49–64.

Sukma, E. A., Hadi, M., & Nikmah, F. (2019). Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Dan Trust Terhadap Intensi Pengguna Instagram. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 112–121.

Susmita, P. R., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1239–1269.

Wahyuningsih, E., Winaya, I. K., & Yasintha, P. N. (2017). Implementasi Sistem E-Filling Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan). Citizen Charter, 2(2), 1–10.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)