Analisis Produktivitas dengan Menggunakan Metode Parsial POSPAC dan Total David J. Sumanth di PT.Yudhistira Ghalia Surabaya

Mr. Sutiyono

Abstract


Abstrak

 

Pengukuran produktivitas itu penting untuk dilakukan karena dapat memberikan suatu informasi untuk menilai efisiensi dan efektifitas pelaksanaan suatu program usaha, yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan langkah-langkah meningkatkan produktivitas dimasa yang akan datang.

Berdasarkan dari pengamatan dari data-data yang tersedia maka pengukuran yang akan diterapkan diperusahaan adalah model parsial POSPAC  dan Total Sumanth. Pengukuran produktivitas dilakukan pada tahun 2005 sampai tahun 2007. Selain pengukuran juga dilakukan evaluasi, perencanaan dan perbaikan produktivitas.

Dari hasil pengukuran tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat produktivitas perusahaan menunjukkan fluktuasi baik secara parsial maupun total. Untuk indeks produktivitas parsial tertinggi dicapai oleh produktivitas organisasi pada tahun 2007 dengan indeks produktivitasnya sebesar 101,32%. Sedangkan yang terendah dialami oleh produktivitas produk dengan indeks produktivitasnya terendahnya pada tahun 2007 sebesar 53,88 % sedang Produktivitas total tertinggi terjadi tahun 2006 dengan angka indeks 101,05. Untuk produktivitas total tertinggi dicapai tahun 2007 dengan angka indeks 103,23 % dan produktivitas total terendah dialami pada tahun 2005 dengan angka indeks 100 % (periode dasar).

 

Kata Kunci : Pengukuran Produktuvitas, produktivitas parsial, Produktivitas total.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.