ANALISIS PRODUKTIVITAS BERDASARKAN PENDEKATAN METODE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER DI PT GFI SIDOARJO

Mr. Sutiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengukur produktivitas dengan menggunkan metode APC (American Productivity center), agar perusahaan dapat mengetahui tingkat produktivitas dan hubungan secara langsung antara profitabilitas dengan produktivitas dan perbaikan harga. Identifikasi penyebab naik turunya produktivitas yang dicapai perusahaan dilakukan dengan menggunakan diagram Ishikawa. Terdapat lima kriteria produktivitas yang diteliti yaitu antara lain produktivitas material, produktivitas energi, produktivitas tanaga kerja, provitabilitas modal, produktivitas total.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya kenaikan dan penurunan tingkat produktivitas tenaga kerja, material, modal dan energi mengakibatkan terjadinya fluktuasi juga pada produktivitas total PT GFI selama periode 2004-2006. hal ini dapat pada peride 2005 produktivitas total mengalami penurunan menjadi 147,73 (-9852). Pada periode 2006 produktivitas mengalami peningkatan menjadi 0,126 (9751,4).

Kata kunci: produktivitas material, produktivitas energi, produktivitas tanaga kerja, provitabilitas modal, produktivitas total.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.