HUBUNGAN TERPAAN IKLAN TELKOMSEL DENGAN SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMILIH TELKOMSEL

Herlina Sukmawati, MSi

Abstract


Studi Kolerasional Hubungan Terpaan Iklan Telkomsel Versi 1000 Wajah di Televisi dengan Sikap Masyarakat di Sidoarjo Dalam Memilih Telkomsel

Penelitian ini lebih memfokuskan diri ke sikap masyarakat pada tingkat pengamatan. Teori yang digunakan yaitu teori S – O – R. bila dilihat berdasarkan teori ini, media massa khususnya televisi memberikan suatu pesan yang sekaligus dianggap sebagai rangsangan bagi pemirsa yaitu iklan Telkomsel versi 1000 wajah, untuk membrikan respon terhadap pesan yang disampaikan tersebut. Dengan kata lain, tayangan iklan Telkomsel versi 1000 wajah diasumsikan sebagai stimulus yang dapat menimbulkan reaksi tertentu pada diri khalayak, dalam hal ini adalah sikap masyarakat dalam memilih Telkomsel.

Variabel yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah terpaan iklan Telkomsel versi 1000 wajah yang ada di televisi dengan sikap masyarakat sidoarjo dalam memilih Telkomsel. Pengukuran variabel yang digunakan yaitu skala likert. Populasi penelitian adalah penduduk yang berusia 17 tahun ke atas dan berdomisili di  sidoarjo. Menggunakan teknik cluster ramdom sampling yang kemudian dihitung dengan rumus Yamane sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Data yang digunakan adalah data primeryang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner kepada responden, sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku penunjang penelitian (kepustakaan). Teknik pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi spearman rank.

Berdasarkan hasil pengujianyang dilakukan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara terpaan iklan Telkomsel versi 1000 wajah dengan sikap masyarakat dalam memilih Telkomsel telah terbukti dengan diperoleh hubungan yang kuat yaitu pada angka 0,695 dan interpretasi hasil membuktikan adanya hubungan antara variabel X dan Y dengan thitung sebanyak 3,456.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa besarnya korelasi antara terpaan  iklan Telkomsel versi 1000 wajah dengan sikap masyarakat Sidoarjo dalam memilih Telkomsel termasuk dalam tingkat hubungan Kuat. Saran bagi masyarakat pada umumnya, dari hasil penelitian ini diketahui bahwa masyarakat mulai kritis dan aktif dalam menyikapi iklan yang ada di televisi terutama saat memilih kartu seluler.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


http://ejournal.upnjatim.ac.id/public/site/images/ilkom/gambar_1_341