MOTIF PEMIRSA MENONTON REALITY SHOW Be A Man DI GLOBAL TV

Herlina Suksmawati, MSi, Diana Amalia, MSi

Abstract


Tujuan penelitian ini terkait dengan kajian operasional yaitu segala sesuatu yang mempunyai objek pengamatan dalam hal ini terkait dengan motif pemirsa menonton tayangan Reality Show Be A Man di Global TV.  Fokus penelitian ini pada motif pemirsa Surabaya dalam menonton tayangan Reality Show Be A Man di Global TV .Penelitian menggunakan metode  survey dengan tipe analisis deskriptif untuk menggunakan dan menjelaskan motif pemirsa .Pengukuran variabel, di gunakan kategori motif , yaitu motif kognitif, motif diversi, dan motif identitas personal. Populasi yang diteliti adalah masyarakat Surabaya usia 17 tahun ke atas karena dengan asumsi mereka kritis terhadap realitas sosial yang terjadi di masyarakat dan mampu memberikan alasan yang bisa dijadikan data Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari masyarakat Surabaya  yang menonton tayangan Be A Man di Global TV. Dari teknik cluster random sampling melalui multistage random sampling di kota Surabaya, kemudian terpilih wilayah Surabaya Pusat dan Surabaya Selatan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini, kemudian dimasukkan ke dalam tabulasi data yang selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel frekuensi. Berdasarkan tabel frekuensi tersebut, data kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa apa yang diberikan Global TV  khususnya dalam tayangan Be A Man dapat diterima pemirsa dalam memberikan informasi serta wawasan tentang waria, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya dan dapat memberikan hiburan bagi pemirsanya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


http://ejournal.upnjatim.ac.id/public/site/images/ilkom/gambar_1_341