HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN KOSMETIKA LIPSTIK DENGAN MOTIVASI MEMBELI PRODUK KOSMETIKA LIPSTIK

Tatag Handaka

Abstract


Periklanan merupakan suatu proses komunikasi memegang peranan yang cukup penting dalam perindustrian barang dan jasa, juga berperan dalam membentuk pola serta pendapat umum.

Variable bebas dalam penelitian ini adalah intensitas  terpaan iklan kosmetika lipstick yaitu jumlah kekerapan,  berapa kali responden mendapat terpaan iklan kosmetika lipstick di media massa. Variabel tak bebasnya adalah motivasi mahasiswa dalam membeli produk kosmetika lipstick yang meliputi kebutuhan konsumen untuk menggunakan kosmetika lipstick, kesenangan dalam menggunakan lipstick, penciptaan peningkatan perasaan yang bersifat emosional ( lebih percaya diri).

Populasi penelitian mahasiswa FISIP-UPN ”Veteran” Jawa Timur sebanyak 374 mahasiswi. Teknik penarikan sample menggunakan “Simple Random Sampling “, yang ditentukan ukuran sampel minimal kurang lebih 10 % sehigga diperoleh sampel sebanyak 73 responden.

Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran dan pengisian angket dari responden sebagai sample. Tenik analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara intensitas dan kebutuhan, kesenangan serta kepercayaan diri dalam menggunakan lipstick.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terbukti  adanya hubungan yang cukup berarti antara  terpaan iklan kosmetika lipstick dengan motivasi membeli produk kosmetika lipstick yang didorong oleh kebutuhan konsumen untuk menggunakan kosmetika lipstick, kesenangan dalam menggunakan lipstick dan penciptaan peningkatan perasaan yang bersifat emosional (lebih percaya diri)

Kata kunci : kosmetik lipstick, motivasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


http://ejournal.upnjatim.ac.id/public/site/images/ilkom/gambar_1_341