TINGKAT PENGETAHUAN KOMUNITAS EVERGREEN DI SURABAYA TERHADAP RUBRIK EVERGREEN: LIFE BEGINS AT 50 DI SURAT KABAR JAWA POS

Juwito MSi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan manula khususnya komunitas Evergreen terhadap penyakit degeneratif dan olahraga manula yang ada pada rubrik Evergreen: Life begins at 50. Landasan teori yang dipakai, diantaranya adalah pembaca sebagai khalayak media massa, surat kabar sebagai media komunikasi massa, surat kabar sebagai control sosial, dan teori SOR (Stimulus, Organisme, dan Response)

Metode penelitian yang dipakai adalah menggunakan metode deskriptif, dengan satu variable. Populasi dalam penelitian ini adalah manula yang tergabung dalam 5 komunitas Evergreen di Surabaya yaitu di daerah Manukan, Kupang, Mulyosari, Wulan (Warga Usia Lanjut) dan Prateng (Prapen Tenggilis). Teknik penarikan sampel dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria responden sebagai anggota komunitas evergreen yang membaca Jawa Pos dan berusia 50 tahun keatas.            Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk memperoleh data primer, serta penelusuran bahan-bahan pustaka untuk memperoleh data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk mempermudah pembacaan data, selanjutnya data tersebut diinterpretasikan oleh peneliti.

Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa tingkat pengetahuan terhadap rubrik Evergreen: Life begins at 50 yang dimiliki oleh komunitas Evergreen adalah tinggi. Hal ini disebabkan tingginya pendidikan yang mayoritas dimiliki oleh komunitas Evergreen sehingga mereka sadar akan kebutuhan informasi sehari-hari dengan berlangganan surat kabar.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Komunitas Evergreen, Jawa Pos


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


http://ejournal.upnjatim.ac.id/public/site/images/ilkom/gambar_1_341