TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG PROGRAM ASTAMA DI JAWA POS

Kusnarto MSi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap progam Astama di surat kabar Jawa pos.

Populasi adalah seluruh pembaca surat kabar Jawa Pos yang tinggal di kawasan kota Surabaya selatan dan Tengah. Teknik penarikan sample menggunakan cara  simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data, digunakan data primer dengan teknik survey dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yaitu tabel frekuensi yang digunakan untuk menggambarkan data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden. Data yang diperoleh dari hasil selanjutnya akan diolah untuk mendeskripsikan  terdiri dari mengedit, mengkode, dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif setiap pertanyaan yang diajukan.

Dari hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya terhadap progam Astama adalah tinggi. Hal ini diikuti pula dengan minat baca yang tinggi. Kebanyakan dari mereka membaca Jawa Pos secara rutin, baik dengan cara berlangganan maupun membeli secara eceran.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.