KONSTRUKSI BERITA KRIMINALITAS DI MEDIA TELEVISI

Saifudin Zuhri, S.Sos, MSi

Abstract


Penelitian didasarkan pada pendekatan kualitatif dengan menggunakan pradigma kritis, yang berusaha menginterprestasikan isi berita kriminalitas di media televisi dan juga memahami mengenai kekuatan yang tersembunyi di balik teks dan visualisasi berita kriminalitas.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis wacana model critical discourse analysis dari fairclough, yang merupakan metode analisis berjenjang dimulai dari tingkat analisis mikro (tesk), makro (pengelola media televisi), Sergap (RCTI), dan Patroli (Indosiar).
Berita kriminalitas mengalami one dimensional, artinya berita kriminalitas tidak lagi mencerminkan realitas sosia; sesungguhnya tetapi sudah merupakan anjang pertarungan oleh kepentingan kelompok-kelompok tertentu dalam usaha menyampaikan tujuannya pada masyarakat luas dan cenderung hanya memenuh kebutuhan informasi pada masyarakat pedesaan atau kota kecil cenderung diabaikan oleh stasiun televisi.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa berita kriminalitas merupakan suatu realitas yang dikonstruksi oleh berbagai kelompok kepentingan tertentu dalam usaha mencapai tujuannya seperti polisi, pengiklan, dan pengelola media.
Kata Kunci : Kriminalitas, Media

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.