BERITA UTAMA DI SURAT KABAR

Juwito S.Sos, MSi, Saifudin Zuhri, S.Sos, MSi

Abstract


Studi Analisis Isi Tentang Tema- Tema Berita Utama di Harian Jawa Pos Dan Harian Republika Periode Mei 2008 - Oktober 2008


Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah surat kabar Jawa Pos dan Republika sebagai media massa, pers dan jurnalistik, tema-tema berita dan berita utama, sumber-sumber berita utama, kategorisasi berita utama.

Penelitian ini menggunakan metode analisis isi secara kuntitatif deskriptif. Pengambilan sample menggunakan teknik systematic sampling mulai periode Mei-Oktober 2008. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data berdasarkan kategorisasi tema-tema berita utama dan sumber-sumber berita utama yang telah ditentukan dan dianalisis datanya dengan menggunakan tabel frekuensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan  harian Jawa Pos dan harian Republika memuat beberapa tema –tema berita dan sumber-sumber berita yang dimuat sebagai berita utama yaitu perang, pertahanan, dan diplomasi, politik dan pemerintah, kegiatan ekonomi, kejahatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, kecelakaan dan bencana, human interest, sedangkan untuk sumber berita terbagi 2 yaitu pemerintah, meliputi: kepolisian/peyidik, presiden, menteri, militer. Untuk non pemerintah, meliputi: tersangka, politikus.

Kesimpulan dari penelitian ini harian Jawa Pos dan harian Republika tema berita tertinggi adalah politik dan pemerintah sub kategorisasi poltik, berita terendah dengan tema kecelakaan. Untuk sumber berita dari pemerintah dan non pemerintah sama besarnya. Sedangkan untuk harian Republika sumber berita terbanyak berasal dari pemerintah.

Kata kunci:  tema berita utama, sumber-sumber berita utama, kategorisasi berita utama


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.