ANALISIS KEPUASAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PERSPEKTIF MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN PENDIDIKAN TINGGI

Luky Susilowati, Pandji Sugiono

Abstract


ABSTRAK
Persaingan di perguruan tinggi (PT) juga semakin hebat dengan
berkembangnya jumlah PT, program studi dan berbagai program yang ditawarkan,
Situasi ini menuntut setiap PT menciptakan competitive advantage agar dapat
bersaing di pasar dengan PTS (Perguruan Tinggi Swasta), PTN (Perguruan Tinggi
Negeri) dan universitas asing terutama dari Malaysia dan Singapura. Competitive
advantage apa yang dimiliki oleh suatu PT perlu dipahami sehingga PT dapat
membangun strategi untuk peningkatan kualitas dan mutu PT yang sudah bagus
serta secara bersamaan memperbaiki kualitas.
Penelitian ini dilakukan untuk bertujuan menganalisis beberapa faktor
yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di UPN
“Veteran” Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah para mahasiswa UPN
“Veteran” Jawa Timur yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan metode
stratified proportional random sampling, Analisis data dilakukan dengan
menggunakan metode SEM berbasis komponen dengan menggunakan PLS dipilih
sebagai alat analisis pada penelitini. Teknik Partial Least Square (PLS).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Fasilitas, Staf Administrasi, Staf
Akademik dan Proses Akademik mampu memberikan konstribusi untuk
meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.
Keyword : , Staf Administrasi, Staf Akademik dan Proses Akademik

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




free hit counterCreative Commons License
MEBIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.