ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE DI SURABAYA

Muhadjir Anwar, Eko Purwanto

Abstract


ABSTRAK
Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui
media internet . Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru
yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, tujuan penelitian
ini adalah: (1) menganalisis pengaruh customer trust terhadap Customer loyalitas
e-commerce., (2) menganalisis pengaruh customer trust terhadap Customer
loyalitas e-commerce melalui Perceived Risk with Vendor loyalitas pelanggan
beserta Resiko yang ada didalam transaksi -ecommerce . Penelitian ini
menggunakan 50 pelanggan dengan kriteria usia minimal 17 tahun dan telah
melakukan transaksi belanja pada e-commerce (online) lebih dari 2 kali dalam
enam bulan sebagai responden yang didasarkan pada teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu judgemental (purposive).
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) .
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Trust mampu memberikan
kontribusi terhadap loyalitas pelanggan dan (2) .Perceived Risk With Vendor
mampu berperan pada kontribusi trust terhadap loyalitas pelanggan, dimana
pelanggan mempersepsikan bahwa Produk yang dibeli memenuhi ego atau
keinginanannya pembeli selnajutnya mampu memberikan peran pada kontribusi
trust terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Tust, Perceived Risk with Vendor dan Loyalitas

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




free hit counterCreative Commons License
MEBIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.