ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNIT USAHA (STUDI KASUS: UPN VETERAN JAWA TIMUR)

Arista Pratama, Siti Mukaromah, Syurfah Ayu I

Abstract


Abstrak. Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi berkewajiban menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan memiliki jiwa entrepreneurship. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang mendorong dan mendukung terhadap potensi jiwa entrepreneurship dengan memberikan pengajaran mata kuliah kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa. Permasalahan yang terjadi adalah banyaknya unit usaha mahasiswa tidak berkembang bahkan terhenti karena belum tersedianya wadah (fasilitas) untuk menampung produk (barang atau jasa) kewirausahaan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan sistem informasi kewirausahaan sebagai media pemasaran setiap unit usaha mahasiswa-alumni UPN Veteran Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan sebuah model pengembangan perangkat lunak yaitu waterfall model untuk membantu dalam memahami spesifikasi kebutuhan sistem informasi kewirausahaan. Hasil analisis dan perancangan Sistem Informasi Kewirausahaan merupakan solusi untuk mendorong dan memberikan ruang terhadap potensi jiwa entrepreneurship pada mahasiswa-alumni UPN Veteran Jawa Timur. Sistem informasi kewirausahaan mahasiswa dapat menjadi ikon yang membanggakan bagi UPN Veteran Jawa Timur sebagai media pemasaran unit usaha secara online sehingga meningkatkan peluang ekonomis bagi mahasiswa-alumni UPN Veteran Jawa Timur.

Kata Kunci: sistem informasi, kewirausahaan mahasiswa, media pemasaran, waterfall model

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i3.1686


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________

SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diterbitkan oleh: Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
Email: scanjournal.ifupnjatim@gmail.com

Creative Commons License
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.