ANALISIS KEBUTUHAN INFORMASI BERDASARKAN PROSES BISNIS, KPI, PEST, DAN SWOT (STUDI KASUS DI PRODI TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” JAWA TIMUR)

Budi Nugroho

Abstract


Abstrak. Informasi merupakan aset yang sangat berharga bagi setiap organisasi. Sehingga perlu dikelola dengan baik untuk memastikan dukungannya terhadap keberlangsungan dan kinerja organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan kebutuhan informasi di lingkungan program studi Teknik Informatika, UPN "Veteran" Jawa Timur. Sejumlah teknik analisis digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi tersebut, antara lain analisis proses bisnis, KPI, PEST, dan SWOT. Analisis kebutuhan informasi ini sangat penting dilakukan, yang merupakan langkah krusial dalam perencanaan strategis IT/IS, sehingga pengembangan IT/IS nantinya selaras dengan kebutuhan bisnisnya. Kebutuhan informasi diperoleh melalui observasi terhadap lingkungan organisasi prodi Teknik Informatika, untuk memastikan bahwa informasi tersebut harus dikelola dengan baik untuk menjaga keberlangsungan organisasi.

Kata Kunci: Analisis kebutuhan informasi, Proses Bisnis, KPI, PEST, SWOT.

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i3.1687


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________

SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diterbitkan oleh: Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya
Email: scanjournal.ifupnjatim@gmail.com

Creative Commons License
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.