IMPLEMENTASI METODE PROFILE MATCHING UNTUK PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INDEKOS MAHASISWA

Prisa Marga Kusumantara, Fari Handhina Kirana, Ardan Fahmi

Abstract


Abstrak. Indekos adalah salah satu kebutuhan vital bagi mahasiswa perantauan. Kesuksesan dalam memilih tempat indekos akan berdampak tidak langsung terhadap kesuksesan akademik mahasiswa bersangkutan. Banyaknya kriteria dalam memilih tempat indekos, nilai per-kriteria yang tidak saling terpaut jauh, serta ketidakkonsistenan diri mahasiswa dalam menetapkan prioritas bobot per-kriteria, menimbulkan permasalahan pada sulitnya mahasiswa menentukan pilihan indekos, subjektifitas tinggi, salah pilih indekos, sering pindah indekos. Untuk itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang lebih menekankan pada pencarian kemiripan profil mahasiswa. Pendekatan metode Profile Matching dilakukan karena dinilai memiliki keunikan dalam mencari alternative indekos yang memiliki kemiripan kriteria dengan target profil kriteria yang diinginkan pencari indekos. Kriteria pemilihan indekos diprioritaskan pada jenis kriteria yang bersifat data kuantitatif dan secara umum terpublikasi di media iklan online/offline, yaitu meliputi 4 kriteria : luas kamar,harga sewa, jarak ke kampus, dan fasilitas indekos. Jika nilai per-kriteria per-alternatif sudah bersifat tetap, sebaliknya pada nilai per-kriteria dan nilai bobot core/secondary factor per mahasiswa bisa dinamis sesuai keinginan. Dari hasil pengujian terhadap 10 orang responden, profil matching telah berhasil menghasilkan luaran berupa rekomendasi alternative tempat indekos yang paling ideal/relevan dengan kriteria profil masing-masing responden.

Kata kunci: pendukung keputusan, profile matching, indekos, mahasiswa


References


KBBI Daring Kemdikbud.(n.d).in.de.indekos.Retrieved from

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/indekos

Wardhani, N., Nur, M.A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos Untuk Mahasiswa Di Luwuk Banggai Dengan Metode SAW.JTRISTE, 4(1), 9-14.

Fadillah, R., Anglenia, P., Syaputri, A.W. & Mustakim. (2019). Penerapan Metode Simple Multi-Attribute Rating

Technique untuk Pemilihan Lokasi Kos Terbaik di Kawasan UIN Suska Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 5(1), 86-92.

Simbolon, E., Nababan, J., & Pardede, M.(2018). Sistem

Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos Menerapkan Metode

Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS). Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) (pp.484-487). Medan : STMIK Budi Darma.

Sugianto, H., Yulianti, & Anra, H.(2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kost Khusus Mahasiswa dengan Metode AHP dan TOPSIS Berbasis Web (Studi Kasus : Kota Pontianak). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN),1(1),1-6.

Hajar,S., Susilawati, M., Nilakusmawati, D.P.E. (2012).Faktor-faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kost. e-Jurnal Matematika, 1(1), 25-31.

Turban, E., Aronson, J.E, & Liang, T. (2007). Decision Support Sistems and Intelligent Sistems (7th-ed). New Delhi:

Prentice Hall of India.

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumantara, P.M., Pamuji, A.R., Putri, D.A. (2019). Metode Profile Matching Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Profesi Desainer Grafis Di Organisasi Konsorsium Content Maker XYX. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi SCAN, 14(1), 39-44.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.