SISTEM INFORMASI MONITORING PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA PDAM SURYA SEMBADA SURABAYA

Khairil Anam, Feronika Nur Maghfiro, Rahayu Prabawati Amaliyah, Hanna Masfuva Della, Tria Nurmayasari

Abstract


Abstrak. Perkembangan  teknologi  dan komunikasi  sangat  membantu  kinerja  dan proses  bisnis organisasi. Perkembanganya harus menghasilkan manfaat bagi organisasi dalam memperoleh informasi, serta membantu organisasi dalam menjalankan proses bisnis yang dibutuhkan sehingga membantu pengelola organisasi mengambil keputusan. Perubahan bentuk proses bisnis yang digunakan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi diharapkan mampu mendorong organisasi untuk memiliki pengelolaan yang lebih baik. Salah satu proses bisnis yang terjadi pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah pengelolaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pengelolaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di institusi ini masih menggunakan cara manual di sebagian proses bisnisnya, sehingga manfaat dari perkembangan teknologi dan komunikasi tidak sepenuhnya terpakai. Peneliti bermaksud dan memandang perlu untuk mengembangkan sistem informasi Praktek Kerja Lapangan yang menggunakan framework Codeigniter dan Bootstrap. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan proses bisnis PKL dengan mudah tanpa harus menggunakan cara manual seperti pendaftaran peserta PKL, menampilkan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan PKL, dan memonitoring kegiatan peserta PKL. Metode penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dari sistem informasi monitoring peserta  praktek kerja lapangan terdiri  dari  enam tahap  yaitu:  studi pendahuluan,  studi literatur, pengumpulan data, perancangan dan desain, pengkodean dan pengujian.  Sistem  ini memiliki  dua  pengguna yaitu admin dan pembimbing lapangan dengan fitur sesuai dengan hak akses  yang  dimiliki.

Kata kunci: sistem informasi, PKL, framework Codeigniter, Bootstrap, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya


References


Sinambela, Aci Srihandayani. 2008. Sistem Informasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web pada Jurusan D-3 Ilmu Komputer. Universitas Sumatera Utara.

Rusli, Asep. 2012. Kontribusi Pembelajaran Praktik Kerja Industry Terhadap Prestasi Uji Kompetensi Siswa Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK N1 Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Steven Alter., 2002. Information System: Foundation of-E-Business, Mc Graw Hill Inc.

Laudon, K.C., and Laudon, J.P., 2012. Management Information Systems : Managing The Digital Firm 12th Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Nugroho, Adi. 2002. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Beriorientasi Objek. Bandung : Informatika

Ridho, S., Amin, M. N., Sabrina Charya Floribunda, S. C., Diyasa, I. G. S. M., 2019. Sistem Informasi Enterprise Resource Planning (ERP) Untuk Menunjang Pembayaran SPP (Studi Kasus : SMA Wachid Hasyim 4 Waru), eknika: Engineering and Sains Journal, Vol. 3 (1), pp. 25-30

Diyasa, I. G. S. M, Ariyono, S., Kholis, M., (2019), Rancang Bangun Aplikasi “W-Mass (Weight Monitor Assistant)” Berbasis Android Stu-dio Dengan Bahasa Native Java, Jurnal Penelitian Poltekbang, Vol. 4 (2), pp. 78-96.

Didik P (2005) Solusi Menjadi Web Master melalui Manajemen Web dengan PHP.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ilvi, N. D, Anwar, M. M, Diyasa, I. G. S. M (2020), Analisis Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Dan Disposisi Surat Berbasis Chronological Filling System, Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1, pp. 27-32

Purbadian, Yenda. 2016. “ Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter.Yogyakarta:CV Andi Ofset.

Pengertian website., Diperoleh dari http://www.wikipedia.org ; Internet; diakses 19 Desember 2019


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.