RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PANTI ASUHAN AL-KAHFI SURABAYA

Andhik Ampuh Yunanto

Abstract


Panti Asuhan Yatim Piatu Darussalam Keputih merupakan lembaga sosial yang berada di Keputih Surabaya, Jawa Timur. Panti Asuhan ini mengasuh anak-anak dari keluarga kurang mampu dan yatim piatu di sekitar Surabaya. Selain itu panti asuhan juga melayani konsultasi agama Islam bagi masyarakat. Panti Asuhan ini dibiayai oleh donatur serta usaha mandiri panti. Panti Asuhan Yatim Piatu Darussalam melakukan promosi kepada calon donatur melalui brosur dan pamflet. Panti asuhan membutuhkan media tambahan untuk menyebarluaskan informasi panti sehingga diharapkan menambah donatur panti. Dengan berdasarkan penjelasan di atas, telah dibangun aplikasi berbasis web atau sistem informasi Panti Asuhan Yatim Piatu Darussalam yang mengemas semua informasi panti. Masyarakat juga dapat mendaftar sebagai donatur melalui website ini. Selain itu konsultasi agama juga bisa dilakukan secara online melalui website. Donatur juga dapat melakukan registrasi melalui website ini dan transfer donasi melalui bank. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pemrograman terstruktur. Aplikasi ini dibuat dengan script Php dan Html dengan teknik Ajax Javascript dan MySQL akan digunakan sebagai pengolah basis data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik dan rata-rata mendapatkan respon positif dari 100 responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini sudah dapat diterima oleh kalangan masyarakat dan pengurus panti asuhan dalam membantu manajemen mereka

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2240


References


Fitriana, Saghifa dan Ridho Wijayanto. 2014.Perancangan Sistem Informasi Panti Asuhan Sebagai Media Untuk Mempermudah Ranting Dalam Merekomendasikan Anak Panti (StudiKasus : Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Purwokerto), ISSN : 2338-8161.Vol. II No. 2.

Welim, Yohannes Yahya dan Anugrah Rahmat Sakti. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Pada Yayasan AlMuhajiriin, Tangerang, ISSN: 2252-4983. Vol 7 No 1.

Srijatun. 2016. Implementasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal, Volume.10, Nomor 1. Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal, Volume.10, Nomor 1.

Supriyanta dan Eunike Nova Dwi Floren Rindani Nussy. 2016. Perancangan Website Sebagai Media Informasi Panti Asuhan Batu Penjuru Kulon Progo,ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online). Volume 8 No 2.

Aditama, Y. (2018). Perancangan Website Sistem Informasi Panti Asuhan Yatim Al Huda.Surakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.