RANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS SEKOLAH BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMP NEGERI 2 SALAM)

Boy Trinanda Ujung, Agus Sujarwadi

Abstract


Pada saat ini proses inventarisasi alat dan barang masih dilakukan dengan secara manual. Untuk saat ini, sistem inventarisasi setiap alat dan barang di SMP N 2 Salam menggunakan cara yang masih manual yaitu dengan pencatatan pada buku inventaris kemudian data inventaris tersebut diketikkan ke dalam microsoft excel yang berada di komputer/pc milik sekolah yang berada di sekolah sehingga memungkinkan rawan kehilangan data inventaris sekolah apabila semisal perangkat komputer sekolah rusak atapun hilang sehingga mepersulit pihak sekolah untuk mendata ulang lagi.  Hal ini dapat menimbulkan masalah dalam proses inventarisasi alat  dan  barang  memakan  waktu yang lama dan tidak tersusun dengan baik, selain itu juga tingkat kecepatan akses data (laporannya) jika dibutuhkan sewaktu-waktu menjadi lebih lama. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan sistem untuk memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pencatatan alat dan barang sekolah yang bisa diakses dimana pun dan kapanpun seperti sistem inventaris dibuat dengan berbasis web. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mengambil judul Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Negeri 2 Salam).Sehinggan setiap sistem inventaris di SMP Negeri 2 Salam ini dapat bekerja dengan baik dan lebih efisien, karena apabila karyawan sekolah atau staf pegawai di SMP Negeri 2 Salam ingin mengecek barang yang masuk ke sekolah, ststus barang dan bahkan diperoleh darimana akan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi sistem informasi tersebut.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2241


References


Ariyani, W., dkk. (2015), E-Commerce Web Development in Wiga Art. Surakarta: International Journal of Science and Research (USR) Vol.4 No.5. ISSN : 23197064. Hal : 379-384

Doro, E. dan Stevalin, B., (2009), Analisis Data dengan Menggunakan Entity Relationshp Diagram (ERD) dan Model Konseptual Data Warehouse, Informatika, Vol 5(1), 75–85.

Faridi, dkk. (2016), Perancangan Sistem Informasi E-Jurnal pada Perguruan Tinggi Berbasis Web. Jurnal CERITA. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja. Vol.2 No.2Agustus 2016. ISSN: 2461-1417. Hal : 189198.

Mulyani, S., (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung. Abdi Sistematika

Santoso, dkk. (2017), Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa MenggunakanSmart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus: Politeknik Negeri Tanah Lot). Jurnal Integrasi Vol. 9 (1). eISSN: 25489828.

Sari, A.T., (2015), Perancangan Website sistem informasi monitoring aktivitas pemasaran pada PT. Pandowo Utomo Food Semarang. Jurnal Skripsi Universitas Dian Nuswantoro Semarang


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.