INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) MENGGUNAKAN RASPBERRY PI 3 BERBASIS SNORT STUDI KASUS: STMIK STIKOM INDONESIA

I Kadek Susila Satwika, I Wayan Sudiarsa, Made Hanindia Prami Swari

Abstract


Keamanan jaringan komputer dan Server menjadi salah satu hal yang harus diutamakan. Pentingnya menjaga keamanan jaringan komputer membantu dalam  menjaga informasi, data-data, serta menjaga peralatan dapat berfungsi dengan baik dan memberikan akses hanya untuk pengguna yang sah. Penelitian ini, membangun IDS (Intrusion Detection System) pada jaringan dan Server menggunakan Raspberry Pi berbasis Snort yang dapat memonitoring aktivitas Server ketika terjadi sebuah serangan dengan mengirimkan notifikasi melalui SMS (Short Message Service) ke handphone administrator jaringan secara realtime. Sistem ini diujikan dengan tiga jenis serangan yaitu PING Attack, Port Scanning, dan DOS/DDoS Attack. Dalam setiap serangan, Raspberry Pi dipantau dalam hal Penggunaan CPU, Memory (RAM), dan Beban Jaringan. Pada saat terjadi serangan terhadap Komputer Server, Snort dapat menampilkan dan menghasilkan alert yang akan disimpan pada Log Snort, setelah itu data serangan ditampilkan pada website BASE (Basic Analysis and Security Engine) sekaligus dikirimkan ke handphone administrator jaringan melalui SMS Gateway. Dari hasil pengujian masing-masing serangan, pada saaat terjadi serangan, penggunaan sumber daya pada Raspberry Pi 3 Model B untuk serangan PING Attack, Port Scanning, dan DOS/DDoS Attack meningkat dalam hal penggunaan CPU, Memory (RAM), dan Beban Jaringan.

 

Kata Kunci: Jaringan Komputer, Server, Raspberry Pi, IDS, SNORT.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v15i3.2279


References


Beale, jay 2003. Snort 2.0 Intrusion Detection, Inc. Masachusset: Syngress Publishing.

Masse, F. A., dan Hidayat, A. N. 2015. "Penerapan Network Intrusion Detection System Menggunakan Snort Berbasis", 1(2), 1–16.

Affandi, M., dan Setyowibowo, S. (n.d.). "Implementasi Snort Sebagai Alat Pendeteksi Intrusi", 4(2).

Kurniawan, A. 2015. "Raspberry Pi Wireless Networks", 138.

Foundation, R. P. 2015. Raspberry Pi The Complete Manual The Essential Handbook For All Raspberry Pi Users.

Rizki, M., Soegiarto, D., dkk. 2015. "Implementasi Mini Server Berbasis Security Proxy Dengan Menggunakan Raspberry Pi Secara", 1(2), 1030–1042

Prihatmoko, D. 2017. "Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh". Jurnal Infotel, 9(1), 84–91.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.