PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN UNIVERSITAS MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SWOT PADA UNIVERSITAS XYZ

Lestari Retnawati, Nia Saurina

Abstract


Universitas XYZ merupakan universitas yang telah menerapkan ICT (Information and Communication Technologies) dalam operasional akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, universitas wajib mendayagunakan sepenuhnya guna mendukung universitas dalam mempercepat pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan sehingga penerapan ICT menjadi selaras dengan kepentingan bisnis Universitas XYZ. Perlunya dilakukan penyelarasan ICT dengan strategi bisnis menjadi kebutuhan yang sangat mendesak mengingat semakin hari semakin banyak kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti yang harus diakomodasi melalui ICT. Maka universitas wajib menyusun rencana strategis sistem informasi /teknologi informasi (SI/TI) karena strategi informasi akan menjadi sebuah kebijakan informasi yang berisi tujuan, sasaran dan kegiatan-kegiatan yang akan dicapai dalam periode yang telah ditentukan. Tujuan utamanya adalah untuk mengelola, menerapkan, dan memelihara sumber-sumber informasi, serta mendukung basis pengetahuan organisasi yang penting dengan sistem dan teknologi yang tepat.

Berdasarkan kebutuhan dan permasalahan tersebut maka dari sinilah awal ide perlunya dilakukan penelitian berjudul Perumusan Strategi Pengembangan Universitas Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Pada Universitas XYZ yang diproyeksikan selama tiga tahun kedepan.

Dengan perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi diharapkan dapat memberikan arahan bagi Universitas XYZ dalam pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi yang akan mendukung tujuan bisnis institusi.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v16i1.2327


References


Wedhasmara, A. (2009). Langkah-langkah perencanaan strategis sistem informasi dengan menggunakan metode Ward and Peppard. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 14-22.

Ward, J., Griffiths, P. M., & Whitmore, P. (2002). Strategic Planning for Information Systems (Vol. 3). Chichester: Wiley.

Hariadi, B. (2003). Strategi manajemen,(cetakan pertama). Penerbit Bayu Media, Malang.

Freddy, R. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama.

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan keputusan bagi para pemimpin. PT Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

McKean, D. (2012). Information Teknology and Technology Innovation, Download Free Ebooks At BookBoon.

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo, Jakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.