APLIKASI PERMAINAN EDUKASI ANAK MENGEJA DALAM BAHASA INGGRIS (SPELLING & FUN) BERBASIS ANDROID

Dedik Suryani, Slamet Winardi, I Gede Susrama Mas Diyasa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang perancangan permainan edukasi anak dalam mengeja kata benda dalam Bahasa inggris berbasis android dengan menggunakan unity game enggine. Permainan edukasi anak ini dapat membantu orang tua dalam mengajari anak mengenal kata benda dalam Bahasa inggris melalui sebuah permainan, serta menjalin komunikasi orangtua-anak dalam bermain bersama. Permainan edukasi ini diharapkan mampu menjadi media pembelajaran anak yang menghibur dan menyenangkan pada masa pandemi saat ini. Analisis permasalahan dilakukan dengan cara melakukan pemilihan media gambar, musik, dan animasi yang disukai anak-anak. . Dalam perancangan permainan edukasi ini digunakan control drag and drop dalam pengoprasiannya. Fitur utama dari permainan ini adalah menyusun huruf yang diacak pada kolom bagian atas sehingga terbentuk sebuah kata di kolom bagian bawah dengan petunjuk gambar disampingnya. Perancangan permainan edukasi ini dilakukan dengan menggunakan Unity game engine yang kemudian diubah kedalam bentuk apk file sehingga bisa dijalankan pada perangkat android. Hasil dari penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi permainan edukasi yang bernama Spelling & Fun yang dapat digunakan orangtua atau guru untuk menjalin komunikasi dan bermain bersama anak-anak

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v16i1.2534


References


Agus, S.B.N. , & Khairani. (2017). Membangun Third Person Game 3D Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal, Jurnal Eltikom, Vol. 1 (2), hal. 71-83

Zirawag, V.S., Olusanya, A.I., & Maduku, T. (2017). Gaming In Education: Using Games As a Support Tool To Teach History, Jurnal Of Educatioan And Practice, Vol. 18 (15), 2017, hal. 55-64

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni. (2019). Penggunaan game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, Vol. 6 (1), hal. 39-44

Dewi, D.A.P., Wibawa, S.C. (2017). Pengembangan Game Edukasi “Khrisna Adventure” Dengan Metode Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning), Jurnal IT-EDU, Vol. 1 (2), hal. 155-161

Vitianingsih, A.V., (2016). Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pada anak Usia Dini, Jurnal Inform, Vol. 1 (1)

Jayanti, W.E., Meilinda, E., & Fahriza, N. (2018). Game Eduakasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android, Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. VI (1), hal. 78-86

Rohmawati, I., Sudargo, & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android, Jurnal Sitech, Vol. 2 (2), hal. 174-184

Diyasa, I.G.S., Pahang, I.N.D., I Gede Okta M, & Ni Made Ika MM. (2020). QR-Barcode Application for Barrier Gate Opener based on Android, IJCONSIST Journals, Vol. 2 (1), hal. 31-35

Delima, R., Arianti, N.K., & Pramudyawardani, B. (2016). Pengembang an Apliksi Permainan Edukasi Anak Prasekolah Menggunakan Pendekatan Child Centered Design, Jurnal Informatika, Vol. 12 (1), hal. 13-23

Masdiyasa, I.G.S., Setiawan, A., & Kholis, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi “W-Mass (Weight Monitor Assistant)” Berbasis Android Stu-dio Dengan Bahasa Native Java, Jurnal Penelitian, Vol. 4 (2), hal. 1-19

Pangestu, W.A., Anggraeny, F.T., & Masdiyasa, I.G.S., (2019). Rancang Bangun Aplikasi Informatif Penyakit Kronis Berbasis Android, Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1,hal. 21-26

Tofano, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 (2), hal. 103-114

Maulana, M. R. W. (2017). Jurnal Information Engineering And Educational Technology, Vol. 1 (012017), hal. 32-39


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.