DIGITAL IMAGE WATERMARKING PADA CITRA MEDIS MENGGUNAKAN DISCRETE COSINE TRANSFORM (DCT), DAN METODE SPREAD SPECTRUM

Lady Silk Moonlight, Sugiarto Sugiarto, Ade Irfansyah, Resty Widyarini

Abstract


Semakin mudahnya karya gambar atau citra digital digandakan dan disebarkan tanpa mengalami penurunan kualitas, menyebabkan permasalahan baru yaitu kebutuhan bagaimana membuktikan kepemilikan dari sebuah karya gambar digital. Pada penelitian ini diterapkan digital image watermarking menggunakan Discrete Cosine Transform (DCT) dan metode Spread Spectrum. Tujuan digital image watermarking yaitu menyisipkan informasi kedalam citra digital sehingga kepemilikan dari sebuah citra digital tersebut dapat dibuktikan.

Pada penelitian ini, akan dibahas proses penyisipan watermark dan proses pengekstraksian watermark. Proses penyisipan watermark yaitu proses penyisipan citra watermark kedalam citra medis. Sedangkan proses pengekstraksian watermark yaitu proses memperoleh kembali citra watermark yang telah disisipkan pada citra medis hasil dari proses penyisipan. Pada proses penyisipan watermark, nilai alpha yang digunakan harus sama dengan nilai alpha dalam proses pengekstraksian watermark.

Pada penelitian ini juga dilakukan ujicoba terhadap beberapa macam serangan seperti, kompresi, rotasi, pencerminan (flipping), cropping, blurring dan resize. Perhitungan PSNR (Peak Signal to Noise Ratio) juga dilakukan setelah proses penyisipan watermark untuk mengetahui kualitas citra medis yang telah disisipi watermark. Dari perhitungan PSNR diketahui bahwa semakin tinggi nilai alpha, maka semakin besar pula perubahan nilai koefisien citra medis, sehingga kualitasnya semakin menurun karena sudah terpengaruh koefisien citra watermark.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v16i1.2548


References


A. Sugiharto and H. A. Wibawa. (2005). Ketahanan Watermarking terhadap serangan Kompresi JPEG, Jurnal Matematika FMIPA UNDIP Semarang, vol. April.

S. Rummi. (2006). Teknologi Watermarking pada Citra Digital". Jurnal Ilmiah TELTRON.

R. Munir. (2006). Sekilas Image Watermarking untuk Memproteksi Citra Digital dan Aplikasinya pada Citra Medis. Bandung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung.

R. C. Gonzalez and R. E. Woods. (2006). DigitalnImage Processing. New Jersey: Prenticwme-Hall, inc.

P. N. Andono, T. Sutojo and Muljono. (2018). Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta: ANDI.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.