Analisis Desain Eksperimen Perbandingan Aplikasi Pencarian Lokasi

Afina Lina Nurlaili, Muhsin Muhsin

Abstract


Lokasi memegang peranan penting pada perkembangan teknologi informasi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya aplikasi layanan berbasis lokasi yang dikembangkan dan digunakan. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjadi aplikasi terkemuka dan mendorong pengembangnya menjadi perusahaan dengan kapitalisasi yang sangat besar. Peta digital menjadi dasar dari perkembangan ini, baik yang digunakan oleh aplikasi maupun yang digunakan langsung oleh pengguna. Kebutuhan ini juga mendorong banyaknya peta digital yang dikembangkan, tiga di antaranya adalah Google Maps, Here WeGo, dan Bing. Berdasarkan interaksi manusia dan computer terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pengguna dalam memilih peta digital yang digunakan, terutama adalah kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan. Penelitian ini meninjau tiga peta digital terkemuka dan membandingkan produk tersebut berdasarkan dua faktor utama. Pengujian dilakukan menggunakan survey terhadap responden. Hasil survey menunjukkan bahwa aplikasi Google Maps adalah aplikasi peta yang paling banyak diminati masyarakat.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v16i2.2658


References


Deloitte, “Industry 4.0. Challenges and solutions for the digital transformation and use of exponential technologies,” Deloitte, pp. 1–30, 2015.

N. Fajaruddin and A. Tarmuji, “Pembangunan Sistem Pencarian Lokasi Dengan Geolocation Berdasarkan GPS Berbasis Mobile Web (Studi Kasus Pencarian Lokasi Hotel di Yogyakarta),” Universitas Ahmad Dahlan, 2013.

A. Sulistyo, A. Yudhana, S. Sunardi, and R. Aini, “Analisa Perbandingan GPS Google Maps Dan GPS Google Earth Dalam Penentuan Titik Koordinat Breeding Place,” Respati, vol. 13, no. 3, 2018.

H. Basyri, A. Suprayogi, and H. Haniah, “Aplikasi WebGIS Pariwisata Menggunakan Google Map API di Kabupaten Lombok Timur,” J. Geod. Undip, vol. 4, no. 4, pp. 8–15, 2015.

R. Gibson and S. Erle, Google maps hacks. “ O’Reilly Media, Inc.,” 2006.

A. H. Alomari, B. H. Al-Omari, and A. B. Al-Hamdan, “Validating Trip Travel Time Provided by Smartphone Navigation Applications in Jordan,” Jordan J. Civ. Eng., vol. 14, no. 4, 2020.

B. Ciepłuch, R. Jacob, P. Mooney, and A. C. Winstanley, “Comparison of the accuracy of OpenStreetMap for Ireland with Google Maps and Bing Maps,” in Proceedings of the Ninth International Symposium on Spatial Accuracy Assessment in Natural Resuorces and Enviromental Sciences 20-23rd July 2010, 2010, p. 337.

I. Santoso, Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2. Penerbit Andi, 2009.

S. Rizky and others, “Interaksi Manusia dan Komputer,” 2008.

D. Rahadian, G. Rahayu, and R. R. Oktavia, “Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer,” J. Petik, vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 2019.

B. O. Lubis, “Peranan Pengetahuan Desain Komunikasi Visual Dalam Pengajaran Matakuliah Interaksi Manusia Dan Komputer,” 2014.

.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.