Analisis Perbandingan Deviasi Metode SAW - WP - TOPSIS Pada Sembarang Kasus MADM

Prisa Marga Kusumantara, Siti Mukaromah, Agung Brastama Putra

Abstract


Aplikasi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) telah banyak dimanfaatkan oleh beberapa unit bisnis dalam sebuah organisasi/perusahan untuk membantu pengelola dalam mengambil keputusan strategis di organisasi tersebut. Dalam implementasinya, banyak sekali pilihan metode MADM yang bisa diterapkan. Masing-masing metode akan menghasilkan luaran berupa perangkingan para-alternatif, dimana perangkingan ini jika diamati lebih seksama akan terdapat perbedaan urutan rangking antara satu metode dengan metode yang lain. Lebih jauh lagi, hasil perangkingan tersebut sangat berpengaruh bagi pihak penguna (pengambil keputusan) dalam mengambil keputusan yang efektif bagi permasalahan organisasi. Atas dasar hal tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap perbandingan perangkingan. Dalam perbandingan kali ini hanya akan mencakup metode SAW, WP dan TOPSIS. Analisis dilakukan dengan mencari deviasi/simpangan antara hasil perangkingan masing-masing metode terhadap rerata dari perangkingan ketiga metode tersebut. Berdasarkan dari 30 kali percobaan dengan 30 alternatif dan 5 kriteria secara nilai acak, diperoleh bahwa perangkingan dari metode TOPSIS menghasilkan deviasi yang paling baik (paling kecil) yaitu 1,342. Kemudian disusul metode SAW dengan deviasi sebesar 1,370 dan metode WP dengan deviasi sebesar 1,390.

References


Sutabri, T. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Andi Offset Publisher.

McLeod, R. & Schell, G. P. (2007). Management Information Systems (10th Ed). Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall, Inc.

Turban, E., Aronson, J.E., & Liang, T. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (7th Ed). New Jersey-USA : Prentice Hall.

Kungkung, A. & Kiswanto, R., H. (2018). Analisa Perbandingan Metode SAW, WP dan TOPSIS Menggunakan Hamming Distance. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018 (pp. 836-841). Pangkalpinang: STMIK Atma Luhur.

Yusnaeni, W., & Ningsih, R. (2019). Analisa Perbandingan Metode TOPSIS, SAW Dan WP Melalui Uji Sensitifitas Untuk Menentukan Pemilihan Supplier. Jurnal Informatika - F.Teknik dan Informatika Universitas BSI, 6(1), 9-17.

Kusumantara, P. M., Kustyani, M., & Ayu, T. (2019). Analisis Perbandingan Metode SAW Dan WP Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Di Surabaya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 19-24.

Kusumantara, P. M., Putra, A. B., Mukaromah, S. (2021). Analisis Perbandingan Metode SAW dan AHP Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Platform Media Pembelajaran Daring. SCAN-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(2), 1-6.

Tzeng, G.H., Huang, J.J. (2011). Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications 1st Edition. New York : Chapman and Hall/CRC.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.