Penerapan Metode Scrum dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika UNESA

Bonda Sisephaputra, Reisa Permatasari, Ronggo Alit

Abstract


Abstrak - Pada perkuliahan online, praktik dalam mata kuliah pemrograman dilakukan di perangkat masing-masing mahasiswa dengan kondisi perangkat yang berbeda-beda. Dengan keadaan tersebut sulit memastikan apakah mahasiswa telah mempraktikkan pemrograman sesuai materi yang diberikan. Ada pula yang terhambat karena terbatasnya peralatan yang dimiliki mahasiswa untuk menunjang kuliah pemrograman. Masalah-masalah ini sering sekali terjadi pada saat penulis mengajar pada mata kuliah pemrograman yang dilakukan secara daring. Setelah diperoleh akar permasalahan isu dari isu prioritas yang telah ditetapkan, maka gagasan yang diharapkan dapat menjadi solusi penyelesaian isu tersebut adalah dengan penerapan metode scrum dalam proses pembelajaran mata kuliah pemrograman. Pada dasarnya, Scrum merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Hal itu mencakup hal-hal seperti kolaborasi, pengorganisasian yang dilakukan sendiri oleh member tim, dan tim yang lintas fungsi. Hal ini untuk membuat kerja tim lebih efektif, dan masalah yang dipecahkan mendapat solusi paling tepat. Scrum membantu tim untuk memecahkan masalah, dengan memiliki komunikasi yang kuat antar anggota tim tersebut.

Kata Kunci : scrum, pembelajaran, pemrograman


References


Leffingwell, D. (2007) Scaling software agility: Best practices for large enterprises, Upper Saddle River, NJ: AddisonWesley.

Perdana, Arkan. (2022). Metode Scrum: Definisi, Cara Kerja, Manfaat, dan Peran-Peran di Dalamnya.https://glints.com/id/lowongan/metode- scrum, diakses tanggal 12 April 2022.

Shandy, Shandy. (2018). Efektivitas Scrum Pada Manajemen Proyek Teknologi Informasi Di Pt Bank Central Asia Tbk. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(4).

Schwaber, Ken., & Sutherland, Jeff. (2020). Panduan Scrum. Panduan Definitif untuk Scrum: Aturan Permainan.

Williams, Alex (2012). "GitHub Pours Energies into Enterprise – Raises $100 Million From Power VC Andreessen Horowitz". TechCrunch.

Haekal, Mirza M. (2020). Trello: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya untuk Kolaborasi Kerja. https://www.niagahoster.co.id/ blog/trello-adalah. diakses tanggal 8 Juni 2022.

Cho, Juyun., & Huff, Richard A. (2011). Management Guidelines For Scrum Agile Software Development Process. Issues in Information Systems.Volume XII, No. 1, 213-223.

Willson, C. D. (2009). A brief introduction to SCRUM: An agile methodology. Matincor Inc. Information Technology Management Consulting.

Likert, Rensis (1932), "A Technique for the Measurement of Attitudes", Archives of Psychology, 140: 1–55.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.