MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER DASAR UNTUK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bayu Setiawan

Abstract


Saat ini, sarana dan prasarana sudah disediakan oleh lembaga pendidikan seperti fasilitas lab komputer memang sudah ada namun peralatan praktikum masih kurang sehingga perlu alat media pembelajaran untuk belajar dasar-dasar contohnya pada perakitan dasar komputer di SMK. Hal ini perlu dilakukan agar proses belajar jadi lebih menarik dan tidak membosankan, dapat dilakukan kapan, dan dimana saja, serta meningkatkan kualitas belajar dari siswa. Media pembelajaran ini diharapkan menjadi alat bantu dapat siswa dan guru. Dalam pembuatan media interaktif, metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle(MDLC). Software yang digunakan untuk membuat simulasi ini adalah Adobe Flash. Seperti animasi kartun, animasi interaktif, aplikasi permainan, profil sekolah, media presentasi, video tutorial, dan bentuk informasi interaktif lainnya. Hasil akhir berupa aplikasi yang memiliki ukuran 92,22MB dengan format APK, yang sudah diuji dengan materi dan black box dengan hasil 88,73% sehingga layak untuk dipulikasikan.

DOIhttps://doi.org/10.33005/scan.v17i2.3392


References


D. Destiani, S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN METODOLOGI ( R & D ),” pp. 173–180, [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/625.

S. Ariyati and T. Misriati, “Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. II, no. 1, pp. 116–121, 2016.

N. Sitompul, “Multimedia Development Life Cycle Method In Village Infographic Video,” vol. 6, no. 36, pp. 2431–2439, 2022.

D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.

M. R. Soleh, S. Nurajizah, and S. Muryani, “Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 138–150, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1899.

T. Knoll, “Adobe PhotoShop,” Горный Информационно-Аналитический Бюллетень (Научно-Технический Журнал), vol. 2019, no. 8, 2002.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.