Perancangan Desain User Interface Aplikasi Penanggulangan Bencana Banjir Berbasis Mobile
Abstract
Bencana alam banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Bencana ini dapat terjadi karena faktor alam atau campur tangan manusia yang sering merusak lingkungan sekitar. Minimnya edukasi dan penyampaian informasi terhadap masyarakat akan pentingnya pencegahan bencana banjir membuat wilayah yang ada di Indonesia sering terdampak bencana banjir. Hal ini dibuktikan dengan riset menggunakan metode design thinking untuk menemukan keresahan serta solusi yang dapat disimpulkan dari riset yang dilakukan. Oleh karena itu, penulis membuat sebuah desain aplikasi berbasis mobile dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat agar bencana banjir yang terjadi di Indonesia dapat dicegah sejak dini. Desain aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi Figma dan didukung menggunakan metode design thinking.
References
Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta : Andi.
Brown, Tim. (n.d). Design Thinking Defined. Retrieved From https://designthinking.ideo.com/
Dam, R. F., (n.d). The 5 Stages in the Design Thinking Process. Retrieved from https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process
Silva, M. J. V. E., Filho, Y. V. E. S., Adler, I. K., Lucena, B. D. F., & Russo, B. (2012). Design Thinking : Business Innovation (1st ed.). Rio de Janeiro : MJV Press.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.