SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW PADA PT ANEKA COFFE INDUSTRY

Rendy Juliand Arbani, Muhammad Basyrul Muvid

Abstract


PT. Aneka Coffee Industry (ACI) merupakan perusahaan pengolah kopi terkemuka di Indonesia. Dalam era yang terus berkembang ini, teknologi terus maju pesat. Kemajuan dalam teknologi informasi telah mempermudah dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu solusi yang diadopsi adalah penerapan teknologi sistem informasi dalam proses pengambilan keputusan, yang dikenal sebagai Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penelitian ini difokuskan pada penggunaan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam memilih karyawan terbaik untuk perusahaan. Tujuan utamanya adalah membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang mampu membantu perusahaan dalam menentukan karyawan terbaik dengan menggunakan metode SAW di PT. Aneka Coffee.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dono adalah karyawan terbaik dengan peringkat tertinggi, mendapatkan nilai A6 sebesar 0,76. Andre berada di peringkat kedua dengan nilai A3 sebesar 0,70, sementara Rizal berada di peringkat ketiga dengan nilai yang sama, yaitu 0,70. Di sisi lain, Reno mendapatkan peringkat yang sangat rendah dengan nilai A8 sebesar 0,42 dan berada di peringkat 20.Pengujian sistem ini telah menunjukkan kesesuaian hasil dengan perhitungan manual dan menggunakan perangkat lunak seperti Excel. Dengan demikian, dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait pemilihan karyawan terbaik. Dengan adanya teknologi informasi yang canggih ini, PT. Aneka Coffee Industry (ACI) dapat terus meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasionalnya

References


B.Subawa, S.Gede, W. A. (2015). Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Di PT Tirta Jaya Abadi Singaraja. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 54–66.

Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(2).

Anto, A. G., Mustafidah, H., & Suyadi, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW. JUITA: Jurnal Informatika, 3(4).

Ismanto, E., & Effendi, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-9.

Hertyana, H. (2018). Sistem penduHerlikung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode saw studi kasus amik mahaputra riau. Intra-Tech, 2(1), 74–82. https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/27

Waskito, R. R., Setya, B., & Daryanto. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Ptpn Xii Perkebunan Malangsari. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 10(1), 497–504.

Simanullang, S. K., & Simorangkir, A. G. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(9), 472-479.

Hadiwiyono, W., & Lina, I. M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Terbaik Dengan Metode SAW Di PT. Fins Catering. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 1(04).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.