Permainan Edukasi Petualangan 2D Penyelamatan dan Pencegahan Wabah Virus

Gilang Rahmadhan Armijantoro, Dzikra Fadhila Abrar Setiawan, Alifian Aji Adiaksa, Rio Aji Pangestu, Andika Wira Yumna, Pratama Wirya Atmaja

Abstract


Pengembangan game telah menjadi topik penelitian yang menarik dalam bidang teknologi. Dalam penelitian ini, kami mengembangkan sebuah permainan 2D berjudul "Elixir Adventure" yang berfokus pada petualangan mencari ramuan penyembuh di dalam sebuah goa terlarang. Game ini menggunakan metode desain interaktif yang mengintegrasikan elemen gameplay, grafis, dan narasi untuk menciptakan pengalaman bermain yang mendalam dan menantang. Pemain harus menghadapi berbagai monster dan rintangan untuk memperoleh ramuan yang dapat menyelamatkan desa dari wabah virus mematikan. Kami juga mengimplementasikan mekanisme permainan yang memungkinkan pemain untuk membuat pilihan strategis yang mempengaruhi alur cerita dan hasil akhir permainan. Selain memberikan pengalaman bermain yang menarik, game ini juga dirancang untuk memberikan edukasi terhadap pemainnya mengenai pentingnya strategi dan pengambilan keputusan dalam situasi krisis. Tujuan dari pengembangan game ini adalah untuk menyajikan sebuah pengalaman bermain yang menarik dan memberikan edukasi terhadap pemainnya. Dengan demikian, penelitian ini berpotensi untuk memberikan kontribusi signifikan dalam bidang desain game dan interaksi pengguna, serta memperkaya literatur tentang pengembangan game berbasis petualangan dan strategi. Penelitian ini juga menggarisbawahi pentingnya elemen narasi dalam menciptakan keterlibatan pemain dan bagaimana desain interaktif dapat meningkatkan nilai edukatif dari sebuah permainan.

 

DOI: https://doi.org/10.33005/scan.v19i2.4731


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.