Perancangan Sistem Laporan Belajar Anak Paud

Fawwaz Arfiqi, Adithya Kusuma Wardhana, Afina Lina Nurlaili

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum sekolah dasar yang menekankan pada pengembangan berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala pemantauan dan evaluasi perkembangan anak di PAUD yang masih menggunakan metode tradisional, sehingga kurang efisien dan rentan terhadap kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan Sistem Laporan Belajar Anak PAUD dengan menggunakan metode Agile. Metode ini dipilih karena fleksibilitasnya dalam menyesuaikan kebutuhan selama proses pengembangan. Proses pengembangan dilakukan secara iteratif dan inkremental, yang mencakup fase perancangan, pengembangan, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pemantauan perkembangan anak, serta menyediakan informasi yang lebih terstruktur dan mudah dipahami. Implementasi sistem ini diharapkan dapat membantu guru dan orang tua dalam merancang intervensi pendidikan yang lebih tepat dan efektif.

 

DOI: https://doi.org/10.33005/scan.v19i1.4734


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.