PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE DENGAN SISTEM TAWAR-MENAWAR ANTARA PEMBELI DENGAN SISTEM MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Muh. Sandyoga Alif Utama, Daniel Swanjaya, Subagyo Subagyo

Abstract


Abstrak. E-commerce merupakan mekanisme bisnis yang sudah menjamur keberadaanya. Namun saat ini e-commerce hanyalah situs penjualan yang hanya merespon permintaan dari pembeli berupa membeli dan memesan produk, tanpa adanya tawar-menawar. Padahal, dalam transaksi jual beli terdapat proses yang sangat penting bagi konsumen, yaitu tawar-menawar. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan aplikasi e-commerce yang mampu melayani proses tawar-menawar antara pembeli dengan sistem. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yang pertama adalah metode tsukamoto yang digunakan untuk menentukan nilai bobot, nilai bobot tersebut kemudian digunakan untuk menentukan batas penawaran dan harga baru yang akan ditawarkan sistem kepada kostumer. Metode kedua yang digunakan adalah bargaining zone, metode ini digunakan untuk mengetahui bagaimana proses tawar-menawar pada sistem berjalan sesuai dengan tawar-menawar secara langsung. Untuk membangun aplikasi ini, gambaran model sistem yang digunakan adalah diagram alir, diagram konteks, dan data flow diagram, serta dalam perancangan basis data menggunakan entity relationship diagram. Simpulan yang didapat dari penulisan skripsi ini adalah sebuah aplikasi penjualan online yang tidak hanya bisa digunakan untuk berbelanja perlengkapan olahraga saja, tetapi juga bisa melakukan proses tawar-menawar terhadap produk yang diinginkan dimanapun dan kapanpun. Sehingga transaksi dapat berjalan secara efektif, efisien dan diharapkan terjadi kesepakatan yang optimal.

Kata kunci: bargaining zone, e-commerce, tawar-menawar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.