PENGENALAN PAKAIAN ADAT INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KINECT

Kholid Fathoni, Jauari Akhmad Nur Hasim, Muhammad Zakky Fathony

Abstract


Abstrak. Indonesia adalah negara yang mempunyai beraneka ragam hasil kebudayaan, salah satunya adalah pakaian adat. Namun, sayangnya semakin dilupakan oleh generasi muda saat ini. Pembuatan aplikasi yang menampilkan berbagai macam pakaian adat Indonesia  menjadi alternatif yang menarik untuk didiskusikan. Penulis memberikan ide untuk mengimplementasikan teknologi kinect untuk memberikan alternatif media pengenalan pakaian adat Indonesia. Dengan menggunakan motion recognition pada teknologi kinect, gerakan user yang berdiri di depan kamera kinect dapat ditangkap dan digunakan sebagai control navigasi untuk mengakses semua fitur dalam aplikasi tanpa harus menggunakan mouse pada umumnya. Gerakan user juga digunakan untuk. menggerakkan object 3D dalam bentuk pakaian adat  yang ada pada program. Penggabungan antara lingkungan nyata  dan model 3D pakaian adat yang membuat user seperti benar - benar menggunakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia, akan semakin menambah tingkat ketertarikan user dalam menggunakan aplikasi ini. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan dari hasil survei bahwa aplikasi ini mempunyai control yang cukup mudah serta permodelan dalam bentuk 3D  dapat menambah daya tarik user terutama anak - anak dalam hal mengenal dan mempelajari pakaian adat indonesia dengan sarana yang lebih menarik dan interaktif.

 

Kata Kunci: Pakaian Adat Kinect, Media Pembelajaran Pakaian Adat, Kinect Budaya


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.