PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA UKM KERAJINAN LAS DAN ALUMUNIUM DI KELURAHAN SUSUNAN BARU DENGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN E-COMMERCE

Didik Kurniawan, Astria Hijriani

Abstract


Abstrak. Salah satu tantangan bagi pelaku usaha kecil dan menengah adalah bagaimana mengembangkan target pemasaran produk yang dihasilkan, hal ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Akan tetapi berdasarkan catatan Biro Pusat Statistik sebagian besar taraf pendidikan pelaku usaha kecil dan menengah lulusan sekolah dasar yaitu sebesar 48% yang menyebabkan belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana untuk memperluas pemasaran produknya. Dalam penelitian ini melakukan uji coba terhadap 2 UKM untuk menerapkan teknologi informasi berupa e-commerce. Dari penerapan ini, didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan jumlah pelanggan yang dipengaruhi informasi dari penerepan e-commerce ini. Akan tetapi karena karakteristik pemakai produk dari UKM ini harus melakukan tatap muka secara langsung untuk menentukan spesifikasi produknya, maka pemanfaatan fungsi-fungsi e-commerce tidak maksimal.

 

Kata Kunci: usaha kecil menengah, e-commerce, teknologi informasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.