ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DOSEN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR DALAM PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY BERDASARKAN GENDER

Firza Prima Aditiawan, Ronggo Alit, Mohammad Idhom

Abstract


Abstrak. Implementasi e-learning di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dimulai pada tahun 2004 namun belum  sepenuhnya  Program Studi yang ada menggunakan  secara konsisten karena dalam pelaksanaannya masih terkendala beberapa masalah yang bersifat teknis maupun non-teknis. Untuk mengetahui mengapa permasalahan tersebut terjadi maka dibutuhkan analisis faktor-faktor perilaku penggunaan dan penerimaan e-learning yang dibatasi berdasarkan gender dan model yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Hasil akhir pada model penerimaan dan penggunaan dengan gender pria dan wanita menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan diterima, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dalam penerimaan dan penggunaan e-learning adalah Performance Expectation, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Behavior Intention, dan Use Behavior.

 

Kata Kunci: e-learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Gender

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.