PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR)

Ronggo Alit, Firza Prima Aditiyawan

Abstract


Abstrak. Unit Teknologi Informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang proses bisnis di sebuah organisasi. Unit Teknologi Informasi berkewajiban memberikan dukungan kepada organisasi, yang berupa teknologi dalam pengolahan dan penyampaian informasi ke semua elemen-elemen yang ada di organisasi.  IT Balanced Scorecard akan mengukur kinerja Divisi IT dari empat perspektif. Perspektif pertama yaitu corporate contribution yang menunjukkan bagaimana pihak manajemen (pimpinan) menilai atau melihat organisasi IT. Perspektif yang kedua yaitu customer orientation, untuk mengetahui hasil kinerja IT berdasarkan cara pandang user menilai atau melihat hasil-hasil organisasi IT. Perspektif yang ketiga adalah operational excellence yang berisi ukuran efektivitas dan efisiensi proses IT. Sedangkan perspektif yang keempat adalah future orientation yang berisi ukuran-ukuran yang menggambarkan bagaimana posisi IT dalam tantangannya kedepan. Dengan demikian IT Balanced Scorecard ini sangat baik digunakan untuk merumuskan sasaran strategis IT yang menunjang sasaran strategis perusahaan serta mengukur kinerja IT secara komprehensif. Dapat ditarik kesimpulan Berdasarkan penilaian kinerja dengan menggunakan IT Balanced Scorecard, nilai rata – rata yang dihasilkan dari 4 perspektif adalah 34,22 %. Dimana masuk kedalam kriteria kurang karena nilai prosentasenya terbilang kecil dan kurang dari 50 %.

 

Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Teknologi Informasi, IT Balanced Scorecard

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.