EVALUASI TINGKAT KEMATANGAN DAN KESELARASAN PADA PENYEDIA LAYANAN CLOUD COMPUTING DENGAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1

Mohammad Idhom, Tri Sabdo Pamungkas, Ronggo Alit

Abstract


Abstrak. Penelitian ini difokuskan pada analisa penyediaan layanan cloud computing yang dikerjakan oleh kedua divisi yaitu divisi IT Project dan IT Support pada PT. Eikon Technology yang ada di Surabaya untuk meningkatkan proses bisnis dalam perusahaan ini, dengan meneliti sejauh mana pelayanan cloud yang diberikan perusahaan kepada pelanggan melalui kedua divisi tersebut dengan menerapkan tata kelola teknologi informasi sesuai dengan alat ukur Cobit 4.1. Fokus penelitian ini, menggunakan domain cobit 4.1 yaitu domain PO (Planning and Organize) dengan sub domain PO4 dan PO7 dan domain DS (Delivery and Support) dengan sub domain DS1, DS5, dan DS7. Total detailed control objective yang digunakan adalah 38 detail kontrol yang dilakukan prosesnya oleh divisi IT Project dan 40 detail kontrol yang dilakukan prosesnya oleh divisi IT Support. Hasil dari penelitian ini merupakan analisa tingkat kematangan saat ini dan yang diharapkan dari sub domain PO4, PO7, DS1, DS5, dan DS7, didapatkan total rata-rata tingkat kematangan saat ini yaitu 2.7 dan tingkat kematangan yang diharapkan yaitu 3.76. Setiap sub domain / proses teknologi informasi dibuatkan rekomendasi dan kesimpulan. Rekomendasi dan kesimpulan tersebut diharapkan dapat mengembangkan proses tata kelola teknologi informasi berupa penyediaan layanan cloud computing agar lebih baik serta efisien dalam mendukung jalannya bisnis di PT Eikon Technology, Surabaya.

Kata Kunci: Cobit 4.1, cloud computing, IT Project dan IT Support


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.