ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DOSEN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR DALAM PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY BERDASARKAN USIA

Firza Prima Aditiawan, Henni Endah Wahanani

Abstract


Abstrak. Penggunaan e-learning di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dimulai tahun 2004, namun hingga kini belum  sepenuhnya  Program Studi yang ada menggunakan  secara konsisten. Untuk mengetahui mengapa permasalahan tersebut terjadi maka dibutuhkan analisis faktor-faktor perilaku penggunaan dan penerimaan e-learning yang dibatasi berdasarkan usia dan model yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Hasil akhir menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi dosen Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dalam penerimaan dan penggunaan e-learning adalah Performance Expectation, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Behavior Intention, dan Use Behavior. Setelah diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan elearning di UPNVJT diharapkan para pemimpin dapat mempertimbangkan dalam hal siapa saja yang akan menggunakan elearning, memberikan fasilitas terbaik untuk bisa mengaksesnya sehingga pengguna akan terbiasa menjadi terbiasa menggunakan dan memahami manfaat dari penggunaan elearning.

 

Kata Kunci: e-learning, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Usia

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.