ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN CSSF (CONTINGENT STRATEGIS SUCCESS FORMULA) PADA HOME INDUSTRI KERAJINAN DAN TENUN

Yustina Ngatilah

Abstract


Perusahaan industri kecil mempunyai potensi dan peran yang tidak kecil dalam menunjang perekonomian nasional. Sementara itu, industri kecil sendiri masih mempunyai keterbatasan dalam kemampuan dan ruang geraknya. Bertitik tolak dari hal itu, maka perlu dilakukan identifikasi variabel-variabel yang berpengaruh pada industri kecil.

Suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan perusahaan senantiasa berubah dan berkembang, oleh karena itu perlu kiranya perusahaan memperhatikan dan menyikapi perubahan tersebut dengan merumuskan strategi yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. Salah satu metode perumusan strategi secara sistematis yang mempertimbangkan perubahan lingkungan adalah metode CSSF.

Pada metode CSSF ini digambarkan profil perusahaan pada saat ini berasarkan faktor turbolensi lingkungan, faktor agresivitas perusahaan, dan faktor responsivitas perusahaan.

Dengan melihat dan membandingkan profil perusahaan pada saat ini, diharapkan dapat dirumuskan strategi secara tepat pada indutri kecil kerajinan dan tenun di Surabaya dan sekitarnya. Strategi yang dimaksud adalah strategi yang harus diterapkan agar perusahaan mencapai kesuksesan pada masa dating sejalan dengan perkembangan lingkungan perusahaan.

 

Kata Kunci : Industri kecil, CSSF, perubahan lingkungan, strategi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.