Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma Pada Produk Flange Exhaust Type D-38A di PT Ionuda Sidoarjo

Boy Isma Putra

Abstract


ABSTRAKSI

 

CV MCH merupakan perusahaan koper yang berlokasi di Sidoarjo. Berdasarkan laporan perusahaan CV MCH kinerja system operasionalnya menunjukkan hasil yang cukup baik, namun pengukuran kinerja secara terintegrasi belum pernah dilakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja CV MCH dengan beberapa aspek terintegrasi, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis intrenal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, menentukan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Data yang dipergunakan dalam penlitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi dan data primer diperoleh melalui instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan Metode Balance Score Card (BSC) dan Analytical Hierarchy Process (AHP).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah;  kinerja CV MCH dalam perspektif keuangan (ROE, ROI, SG, ROA), pelanggan (customer acquition, customer satisfaction, on time delivery). proses bisnis internal (kerusakan peralatan, kecelakaan kerja) serta pembelajaran dan pertumbuhan (employee turn over, produktifitas, kepuasan karyawan) tahun 2002- 2004 adalah cukup (dengan nilai   ). Bobot masing – masing perspektif adalah perspektif keuangan = 0,4, perspektif pelanggan = 0,27, perspektif proses bisnis internal = 0,2 perspektif pembelajaran dan pertumbuhan = 0,13.

 

Keywords: pengendalian Kualitas, six sigma


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.