Penerapan Rekayasa Nilai Untuk Mendapatkan Nilai Tambah Pada Perusahaan Sandal Wanita
Abstract
ABSTRAK
Sandal wanita pada mulanya digunakan ibu-ibu pada saat ada acara secara resmi/ undangan, tetapi saat ini banyak digunakan oleh para remaja – remaja untuk jalan-jalan dan acara lainnya. Dengan perubahaan tersebut menyebabkan perubahaan fungsi dan nilai dari sandal wanita tersebut. Untuk itu dilakukan suatu analisa terhadap produk sandal wanita dengan menerapkan rekayasa nilai terhadap desain dari produk tersebut. Dimana pada penerapan rekayasa nilai ini untuk mengetahui tingkat kepuasan para pengambil keputusan yang dalam hal ini adalah konsumen pengguna sandal wanita. Metode rekayasa nilai diterapkan pada perbaikan nilai, performansi dan biaya dari produk sandal wanita, yang terdiri dari kriteria-kriteria : Nyaman dalam pemakaian, Model/ desain, Menambah keindahan ( estetika ), tidak mudah rusak ( awet) dan Praktis. Rencana kerja rekayasa nilai yang digunakan terdiri dari lima tahap, yaltu tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisa, tahap pengembangan dan tahap rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif desain yang terbaik adalah alternatif ke- III, dengan performansi 212.600 dan biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 62.750,-, sehingga nilai yang didapat adalah 3,39. Desain tersebut mempunyai ciri-ciri : Bahan dasar kain Armany, Warna Merah Mudah, Model Apper: model selap yang. Hak tinggi.
Key Word : Value Engineering
Refbacks
- There are currently no refbacks.