Analisis Persepsi Konsumen Dalam Memposisikan Beberapa Retail Di Wilayah Surabaya Dengan Metode Multidimensional Scalling

Budi Santoso

Abstract


ABSTRAK

 

Konsumen asdalah orang yang meakukan pembelian etrhadap barang dan jasa. Secara psikologis, terdapat factor utama yang menentukan perilaku konsumen dalam berbelanja yaitu persepsi. Persepsi adalah sesuatu yang terdapat di benak konsumen yang diperoleh lewat informasi dari luar dan akhirnya memberikan suatu pesan terhadap sesuatu yang diterimanya.

Untuk mengetahui apa sebenarnya yang ada dibenak konsumen terhadap retail yang ada di Surabaya, dilakukan analisis dengan menggunakan metode Multidimensional Scalling (MDS). Dipilih MDS jenis data non atribut dengan bantuan Data Similarity dengan maksud agar dapat mudah mengetahui bagaimana tingkat kemiripan atau kesamaan antara retail yang satu dengan yang lain.

Dengan data similarity dirasakan lebih cocok untuk ditekankan pada penyelesaian masalah persepsi konsumen terhadap retail secara total. Pengerjaan MDS menggunakan program  komputer SPSS 10.0. Objek penelitian terdiri dari 5 retail yaitu Alfa, Hero, Indomart, Sinar dan Superindo. Sedangkan subjek penelitian adalah konsumen yang gemar berbelanja dan dapat membedakan masing-masing retail.

Hasil dari penelitian adalah sebuah peta persepsi yang menggambarkan kelima retai dalam benak konsumen. Dari kesimpulan diperoleh bahwa retail Superindo dan Alfa terletak pada dimensi 1, selain itu Sinar dan Hero terletak di dimensi 2, dan Indomart terletak pada dimensi 3. Selanjutnya peneliti memberi nama pada dimensi-dimensi tersebut sesuai dengan atribut yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah kualitas, promosi, harga, dan image untuk faktor 1, pelayanan kasir, karyawan serta fasilitas  AC dan musik untuk faktor 2, layout dan kenyamanan untuk factor 3.

 

Kata Kunci : Retail, Multidimensional Scalling, Data Similarity, Atribut, Persepsi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.