ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENJUALAN KERAMIK ( STUDI KASUS PADA INDUSTRI KERAMIK KASONGAN DI KABUPATEN BANTUL, JOGJAKARTA )

Hana Catur W, Enny Koeswandari

Abstract


INTISARI

Penelitian yang dilakukan di sentra industri keramik kasongan kabupaten Jogjakarta ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengetahui faktor – faktor marketing mix yang berpengaruh terhadap penjualan keramik serta untuk mengetahui sejauh mana dan seberapa besar pengaruh masing – masing variabel marketing mix yang berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan penjualan dengan memperbaiki faktor – faktor marketing mix yang paling berpengaruh terhadap penjualan.

Pengumpulan data diperoleh dengan cara penyebaran kuisioner kepada pimpinan perusahaan atau pihak yang berkompeten sehingga diperoleh data yang bersifat kualitatif. Pada penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan cara perhitungan komputasi untuk menganalisis secara kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, yang menjadi variabel tak bebas adalah penjualan keramik, dan variabel bebasnya adalah produk sebagai variabel X1, harga sebagai variabel X2, saluran distribusi sebagai X3, dan promosi sebagai variabel X4

Dari pengolahan data diperoleh hasil bahwa secara bersama – sama produk, harga, saluran distribusi dan promosi ( marketing mix ) berpengaruh secara positif signifikan terhadap penjualan keramik sebesar 0,428 atau 42,8 %. Sedangkan untuk masing – masing variabel ternyata hanya produk, harga dan saluran distribusi yang berpengaruh signifikan terhadap penjualan keramik. Dengan demikian untuk meningkatkan penjualan faktor – faktor marketing mix yang lebih ditingkatkan adalah produk, harga dan saluran distribusi.

 

Kata kunci : marketing mix, harga, promosi, regresi berganda


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.