PENGUKURAN PERFORMANSI SUPLLY CHAIN PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DI PT MADURA GUANO INDUSTRI (KAMAL-MADURA)

Mrs. Sumiati

Abstract


ABSTRAK

Dewasa ini permasalahan manajemen supply chanin menjadi salah satu isu penting yang menjadi perhatian bagi perusahaan yang ingin terus meningkatkan kepuasan konsumen, meningkatkan utilitas pembayaran, serta menghemat pengeluaran. Untuk itu diperlukan adanya suatu system pengukuran perfomansi supply chain. Pengukuran ini penting dilakukan untuk mengontrol perilaku secara langsung dan secara tidak langsung dapat menjamin perusahaan bergerak maju serta menghindari terjadinya kehilangan konsumen atau penuunan performansinya.

PT. Madura Guano Industri merupakan perusahaan penghasil pupuk posphat. Selama ini diperusahaaan tersebut masih belum ada system pengukuran performansi yang sifatnya menyeluruh atau komprenhensif melainkan selama ini hanya menampilkan performansi yang menitik berakan pada satu departemen.

Tujuan penelitian ini membahas mengenai pengukuran performansi dengan pendektan SCOR yang bertujuan unutk mengetahui performansi supply chain di PT. Madura Industri. Penelitian ini diawali dengan pembuan hierarkhi awal yang didasarkan pada fungsi-fungsi dasar supply chain , yaitu Plan, Source, Make, Deliver,dan Return. Dengan ukuran utama dari segi Reliability, Responsiveness dan Flexibility. Kemudian hierarkhi awal tersebut disesuaikan dengan kondisi di perusahaan, yang akhirnya dilkaukan untuk melakukan pengukuran performansi.

Berdasarkan analisa diatas, maka didapatkan pengukuran performansi supply chain ( berdasarkan nilai aktual, scorring system denagn normalisasi, nilai performansi supply chain perusahann0 yang paling tinggi terdapat pada periode April 2006 ( 73,86 ) dan paling rendah pada peiode Januari 2006 ( 68,77) serta mempunyai nilai performansi supply chain perusahaan trat-rata sebesar (70,18) yang termasuk dalama kategori indikator kinerja Good.

Kata Kunci : supply chain, pengukuran performansi, plan, Make, Source, Deliver, Return.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.