Penentuan Waktu Produksi Optimal dengan Metode Rougt Cut Capacity Planning Guna Memenuhi Permintaan Konsumen

Dira Ernawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu produksi yang tersedia di PT. Adhitama Abadi Surabaya guna mencukupi waktu produksi yang optimal berdasarkan permintaan konsumen, karena dalam produksi sering terjadi keterlambatan penyerahan produk.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode RCCP (Rougt Cut Capacity Planning) berdasarkan Bill Of Labor untuk menentukan waktu produksi yang optimal berdasarkan hasil permintaan 12 periode mendatang dengan menggunakan program Win QSB. Metode peramalan menggunakan metode yang terbaik dengan memiliki deviasi kuadrat rata – rata (Mean Square Deviation / MSD) terkecil. Data Bill of Labor adalah Jadwal Induk Produksi (JIP), matrik waktu baku dan matrik produksi berdasarkan JIP. Untuk waktu produksi tersedia digunakan input data yaitu jumlah mesin, jam kerja/bulan, utilisasi, dan efisiensi.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode RCCP didapat waktu produksi yang optimal dari terkecil sebesar 410,19 jam/bulan pada proses pembuatan syrup sampai yang terbesar 586,94 jam/bulan pada proses pengolahan air dan pengisian, sedangkan waktu produksi yang tersedia pada proses pengolahhan air dan pengisian masing – masing sebesar 704 jam/bulan, proses pembuatan syrup dan pembotolan masing – masing sebesar 703,99 jam/bulan. Karena waktu produksi yang tersedia masih lebih besar daripada waktu produksi yang optimal, maka perusahaan masih dapat memenuhi permintaan konsumen untuk 12 periode mendatang.

Kata Kunci: Rougt Cut Capacity Planning, Jadwal Induk Produksi, matrik waktu baku dan matrik produksi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.