Analisis Sistem Manajemen Mutu dalam Upaya Mempertahankan ISO 9001 : 2000 (Studi Kasus PT. Mertex Indonesia-Mojokerto)

Farida Pulansari

Abstract


Abstrak

 

Sertifikasi ISO 9000 mutlak diperlukan oleh semua perusahaan, baik memasarkan produknya ditingkat nasional maupun yang akan masuk pasar global setelah tahun 2003. Dengan penerapan ISO 9000 ini perusahaan dapat membuktikan kepada pelanggan bahwa mereka telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu melalui sertifikat dari suatu badan sertifikasi.

PT MERTEX INDONESIA adalah salah satu perusahaan yang menyadari akan pentingnya sertifikasi tersebut, sehingga pada tahun 2003 secara resmi PT MERTEX INDONESIA mendapatkan sertifikat ISO Seri 9001:2000. Sertifikat standard ISO Seri 9001:2000 ini tidak kekal, suatu saat bisa dicabut. Jika data audit internal yang dilakukan oleh suatu badan audit perusahaan tersebut tidak memenuhi persyaratan yang terdapat dalam elemen-elemen ISO Seri 9000 maka sertifikatnya akan dicabut.

ISO (The International Organization for Standardization) adalah badan standard dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standard kerja internasional, publikasi standard harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standard internasional.

Secara umum dari hasil penelitian yang dilakukan ini berdasarkan teknik analisis yang menggunakan ISO 9001 versi 2000 yaitu hasil penilaian implementasi elemen-elemen ISO 9001 : 2000 didapatkan nilai rata-rata sebesar 79.65 % dengan metode pembobotan entropi hasil analisis perhitungan tingkat prioritas bahwa prioritas tertinggi yang diutamakan oleh PT MERTEX INDONESIA adalah klausul Verifikasi Produk. Sedangkan untuk prioritas terendah adalah klausul Proses Analisis Data.

 

Kata Kunci : ISO 9001, dan Entropi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.