Pengukuran Kinerja Menggunakan Human Resources Scorecard dalam rangka Meningkatkan Kinerja di PT. Rajawali Tanjungsari

Nisa Masruroh

Abstract


Abstraksi

 

. PT. Rajawali Tanjungsari masih belum ada suatu sistem pengukuran kinerja sumber daya manusia, selama ini ukuran kinerja sumber daya manusia perusahaan lebih dititikberatkan hanya pada sisi administratifnya saja atau selama kerja karyawan tersebut sesuai dengan job description-nya. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan tetap pada kondisi yang sama secara terus – menerus.

Human Resources Scorecard adalah suatu sistem pengukuran kinerja sumber daya manusia yang mengkaitkan orang – strategi – kinerja untuk menghasilkan perusahaan yang unggul. Human Resources Scorecard menjabarkan visi, misi, strategi menjadi aksi human resources yang dapat diukur kontribusinya. Pengukuran kinerja ini memandang unit bisnis dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis dalam perusahaan, dan  proses pembelajaran dan pertumbuhan. Tiap perspektif yang ada dalam metode Human Resources  Scorecard dibobotkan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Score pengukuran kinerja sumber daya manusia di PT. Rajawali Tanjungsari pada tahun 2005 adalah 2,506 yang digolongkan kinerja sumber daya manusia kurang dan tahun 2006 adalah 3,139 yang digolongkan kinerja sumber daya manusia sedang.

Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process, Human Resources Scorecard.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.