ANALISA KUALITAS PRODUK KANTONG KRAFT LEM AKIBAT KESALAHAN MANUSIA DI PT. X TUBAN

Irwan Soejanto

Abstract


Abstrak

Persaingan antara industri yang satu dengan industri yang lain sangat ketat sekali untuk menghasilkan produk yang diinginkan pasar. Keberadaan kualitas suatu produk menjadi sangat penting agar produk diterima dipasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan manusia yang mempengaruhi ketidaksesuaian kualitas produk dan faktor – faktor penyebab terjadinya kesalahan manusia (human error) pada bagian  kantong kraft lem (pasted bags).

Metode Human Reliability Assessment (HRA), sebuah metode pengukuran kinerja yang bertujuan untuk mengetahui keandalan manusia dalam menangani tugas yang diberikan padanya. Dalam metode Task Analysis untuk menganalisa tugas yang dilakukan oleh operator dalam mengoperasikan mesin Bottomer dan mesin Tubber. Untuk mengidentifikasi dan klasifikasi human error dengan Fault Tree Diagram yang bertujuan mengetahui bagaimana cacat produk terjadi karena kesalahan manusia dan analisa menggunakan Cut and Path Set untuk mengetahui apakah setiap basic even sudah mampu menghasilkan produk cacat.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dominan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah ketersediaan ruang gerak untuk bekerja yang ditunjukkan oleh nilai Normalized Raw Weight tertinggi 0,0613354, sedangkan faktor terendah yang berpengaruh pada kinerja operator dengan nilai Normalized Raw Weight: 0,0326744 yaitu shift kerja yang disediakan. Disamping itu, warna tinta supplier memiliki nilai Probability Of Failure (POF) tertinggi 0,2745 dan terendah dengan nilai 0,2745 adalah penyetingan mesin.

Kata Kunci : Kualitas produk, Human error, Human Reliability Assessment.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.