ANALISIS KINERJA INDUSTRI KECIL SONGKOK DI SENTRA INDUSTRI KECIL SONGKOK GRESIK

Mr. Malikul, Tutuk Safirin

Abstract


Abstrak

Salah satu permasalahan di Sentra Industri Kecil Songkok Gresik dan juga industri-industri lainnya adalah pengukuran kinerjanya hanya didasarkan pada aspek keuangan.  Pengukuran kinerja dari aspek keuangan memang penting, tetapi masih ada aspek-aspek lain yang juga penting dan perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap kinerja industri, yaitu : aspek pelanggan (pasar),  proses bisnis internal dan proses pembelajaran dan pertumbuhan.

Metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard (BSC), Analytical Hierarchy Process (AHP). Balanced Scorecard mengukur kinerja bisnis / industri dengan 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis dalam perusahaan, dan  proses pembelajaran dan pertumbuhan. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk membobot masing-masing perspektif dan masing-masing Faktor Keberhasilan Kritis.

Hasil Penelitian menujukkan bahwa Rata-rata kinerja Industri kecil yang diteliti menunjukkan sebesar 2.06 (kategori cukup),  Faktor-faktor  keberhasilan kritis yang banyak mempengaruhi rendahnya kinerja industri kecil adalah : TATO.

Kata Kunci : Balanced ScorecardCritical Succes Factors, AHP


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.